Aktivis Perempuan Aceh Protes Hanum Rais Soal Ratna Sarumpaet

Jum'at, 05 Oktober 2018 - 14:51 WIB
Aktivis Perempuan Aceh Protes Hanum Rais Soal Ratna Sarumpaet
Aktivis Perempuan Aceh Protes Hanum Rais Soal Ratna Sarumpaet
A A A
JAKARTA - Pernyataan Hanum Salsabila Rais, putri Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien rais, yang memuji aktivis sosial Ratna Sarumpaet sebagai Cut Nyak Dien masa kini diprotes.

Pernyataan Hanum dinilai telah melukai rakyat Serambi Mekkah. Adapun aktivis perempuan Aceh, Asiah Uzia yang menilai pernyataan Hanum menyamakan Ratna Sarumpaet dengan Cut Nyak Dhin sama saja merendahkan derajat Pahlawan Nasional asal Aceh itu.

“Cut Nyak Dien sangat dihormati dan diayomi oleh rakyat Aceh dan rakyat Indonesia,” kata Asiah, Jumat (5/10/2018).

Asiah meminta Hanum menghayati perjuangan besar yang telah dilakukan Cut Nyak Dhien untuk kemerdekaan Indonesia. “Sehingga tidak dengan mudah mempolitisasinya hanya untuk kepentingan sesaat,” ujarnya.

Dia juga menuntut Hamum secara terbuka untuk mencabut pernyataannya. “Dan meminta maaf kepada rakyat Aceh,” ujarnya.

Seperti diketahui, Hanum Rais menyebut Ratna Sarumpaet sebagai Cut Nyak Dhien dan Kartini masa kini. Pujian itu disampaikannya dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram miliknya @hanumrais.

Namun setelah Ratna mengakui kebohongannya, Hanum sudah menghapus video tersebut. Dia kemudian menyampaikan permohohan maafnya.

"Saya secara pribadi mohon maaf atas kecerobohan dalam mengunggah berita meski telah bertabayyun pada Ibu Ratna S langsung, hingga pada akhirnya yang bersangkutan telah mengaku berbohong," tulis Hanum di akun Twitternya @hanumrais.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4672 seconds (0.1#10.140)