Gubernur-Wagub Sumsel dan Kaltim Terpilih Resmi Dilantik

Senin, 01 Oktober 2018 - 18:40 WIB
Gubernur-Wagub Sumsel...
Gubernur-Wagub Sumsel dan Kaltim Terpilih Resmi Dilantik
A A A
JAKARTA - Dua pasangan gubernur dan wakil gubernur yang terpilih pada Pilkada 2018 lalu dilantik di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (1/10/2018) pukul 11.00 WIB. Herman Deru dan Mawardi Yahya sebagai gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan. Sedangkan Isran Noor dan Hadi Mulyadi sebagai gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Timur.

Pelantikan kedua pasangan tersebut dipercepat dari jadwal semula. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, percepatan tersebut tidak menyalahi undang-undang. Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaimantan Timur serta Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan pada November dan Desember.

“Namun karena gubernur Sumatera Selatan dan wakilnya maju sebagai calon legislatif DPR RI serta gubernur Kalimantan Timur juga maju sebagai calon legislatif DPR RI sehingga per tanggal 20 September 2018 yang lalu harus mundur. Maka tidak perlu menunggu hingga November dan Desember, pejabat yang baru dilantik hari ini,” jelasnya.

Sementara Pelantikan gubernur dan wakil gubernur Maluku dan Lampung hasil Pilkada 2018 dilaksanakan tahun depan. “Acara pelantikan hari ini dilaksanakan secara singkat karena kita masih berduka terkait musibah gempa bumi yang menimpa saudara – saudara kita di Palu dan Donggala. Satu lagi nanti saya akan mengajak gubernur dan wakil gubernur yang tadi dilantik untuk berdiskusi mengenai pencegahan korupsi di KPK,” tuturnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3917 seconds (0.1#10.140)