PKP Berdikari: 67,4% Masyarakat Setuju Nawacita Berhasil Dilaksanakan

Selasa, 25 September 2018 - 19:12 WIB
PKP Berdikari: 67,4% Masyarakat Setuju Nawacita Berhasil Dilaksanakan
PKP Berdikari: 67,4% Masyarakat Setuju Nawacita Berhasil Dilaksanakan
A A A
JAKARTA - Hasil survei Pusat Kajian Pengembangan Berdikari (PKP Berdikari) menunjukkan 67,4% masyarakat Indonesia setuju bahwa pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla berhasil melaksanakan Program Nawacita. Jokowi-JK dianggap telah melaksanakan sembilan cita-cita dengan baik dan benar.

Sekretaris Dewan Eksekutip PKP Berdikari Osmar Tanjung memaparkan, hasil survei menunjukkan sebanyak 68,2% responden menyatakan pemerintahan Jokowi-JK berhasil melaksanakan program-program untuk Nawacita 1 tentang Kedaulatan Negara. Khusus dalam menjaga batas-batas wilayah negara di darat, laut, dan udara, 86,2% responden menjawab Jokowi-JK berhasil. Begitu pula dalam menjaga dan mengolah sumber daya alam khususnya di laut untuk kepentingan negara, sebanyak 80,8% merupakan program yang dianggap paling berhasil.

Untuk Nawacita 2 tentang Pemulihan Kepercayaan Publik pada Institusi Demokrasi, 65,8% responden menyatakan pemerintahan Jokowi-JK telah berhasil melaksanakan program-programnya. Seperti mendorong sistem pemilu yang lebih baik (79,6%) dan menerapkan pemberantasan korupsi di kalangan ASN (74,4%). Kemudian Nawacita 3 tentang Membangun dari Pinggiran, Memperkuat Daerah dan Desa, 72,9% responden menyatakan pemerintahan Jokowi-JK telah berhasil melaksanakan program-programnya. Membangun infrastruktur fisik yang menghubungkan antar-daerah (85,0%); dan menyalurkan dana desa sesuai amanat UU Desa (81,1%).

Osmar menambahkan, 66,5% responden menyatakan pemerintahan Jokowi-JK telah berhasil melaksanakan program-program Nawacita 4 Negara Kuat (Reformasi Sistem dan Penegakan Hukum). Program Indikatif melakukan reformasi di bidang hukum untuk mendukung upaya pemberantasan narkoba (79,4%), dan meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap upaya penegakan hukum (75%) adalah program yang dianggap berhasil oleh paling banyak responden.

Adapun 63,9% menyatakan pemerintahan Jokowi–JK telah berhasil melaksanakan program-program untuk Nawacita 5 tentang peningkatan kualitas hidup melalui perbaikan pendidikan dan kesejahteraan. "Menjamin asuransi tenaga kerja melalui BPJS Ketenagakerjaan dan menjamin fasilitas layanan kesehatan secara gratis melalui BPJS Kesehatan adalah program yang dianggap berhasil oleh paling banyak responden, yakni 81,6% dan 80,4%," katanya dalam keterangan pers, Selasa (25/9/2018).

Sebanyak 69,4% responden menyatakan pemerintahan Jokowi–JK telah berhasil melaksanakan program-program untuk Nawacita 6 tentang peningkatan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional. Membangun infrastruktur perhubungan antar-daerah (jembatan, jalan tol, tol laut) (88,9%) dan Membangun sarana transportasi public (79,8%) adalah program yang dianggap berhasil oleh paling banyak responden.

Sedangkan untuk Nawacita 7 tentang Kemandirian Ekonomi, 61,8% responden menyatakan pemerintahan Jokowi-JK telah berhasil melaksanakan program-program untuk Nawacita 7. Menjamin ketersediaan BBM di semua daerah (74,9%); Membangun infrastruktur kelistrikan secara merata, khususnya di daerah-daerah terpencil perbatasan, dan kepulauan (70,8%) adalah program yang dianggap berhasil oleh paling banyak responden.

Kemudian 70,3% responden menyatakan Nawacita 8 (Revolusi Karakter) telah berhasil dilaksanakan. Menjaga kebhinekaan bangsa Indonesia (79,6%) dan mendukung kegiatan budaya dan olahraga Indonesia (78,9%) merupakan program indikatif yang dianggap paling berhasil. "Terakhir untuk Nawacita 9, Peneguhan Kebhinekaan dan Memperkuat Restorasi Sosial, 68,3% responden setuju bahwa pemerintahan Jokowi-JK telah berhasil melaksanakan program-programnya. Mengembangkan kawasan wisata berbasis budaya lokal (76,9%) dan Menumbuhkan kembali semangat gotong–royong di kalangan masyarakat sebagai salah satu ciri khas bangsa Indonesia (71,7%)," katanya.

Survei PKPBerdikari dilaksanakan sepanjang Juli 2018 di 131 kabupaten/kota, di 30 provinsi. Survei ini menyasar 593 responden yang merupakan pimpinan ormas/LSM, nelayan, buruh, petani, pelaku usaha menengah, akademisi, jurnalis dan pegawai swasta.

"Hasil Survey PKP Berdikari berbanding lurus dengan Visi Misi Jokowi-Makruf Amin 2019-2024. Jalan menuju karakter bangsa dikemas dalam Meneruskan Jalan Perubahan Untuk Indonesia Maju. Jokowi-Makruf Amin tahun 2019-2024 banyak memfokuskan program kerja peningkatan SDM, kebudayaan dan program ekonomi keumatan," kata Direktur PKP Berdikari Arimbi Heroeputri
.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8066 seconds (0.1#10.140)