Pelukan Jokowi-Prabowo Dinilai bagai Oase di Padang Pasir

Jum'at, 31 Agustus 2018 - 10:37 WIB
Pelukan Jokowi-Prabowo Dinilai bagai Oase di Padang Pasir
Pelukan Jokowi-Prabowo Dinilai bagai Oase di Padang Pasir
A A A
JAKARTA - Direktur Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai, pelukan Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto bagaikan oase di padang pasir yang panas dan kering.

Pasalnya, pelukan kedua calon presiden itu dianggap dapat menjadi penyejuk di tengah memanasnya suhu politik saat ini. Dia berharap momentum tersebut harus dimanfaatkan untuk meredakan ketegangan yang terjadi di akar rumput.

"Para elite politik yang lain, termasuk para penggerak aksi 2019 Ganti Presiden semestinya bisa belajar dari sikap Jokowi dan Prabowo," ujar Karyono dalam keterangan tertulisnya kepada SINDOnews, Jumat (31/8/2018).

Selain itu menurut dia, adegan pelukan Jokowi dan Prabowo memiliki pesan politik yang hendak disampaikan ke khalayak. Pesan yang terselip dalam pelukan dua bakal Capres 2019 tersebut adalah perdamaian.

"Keduanya secara tersirat ingin menyampaikan pesan agar pilpres 2019 berlangsung damai," katanya.

Selain pesan perdamaian, kata dia, makna pelukan yang dilakukan di tengah arena Asian Games, tepatnya di ajang pertandingan Pencak Silat tersebut memiliki makna agar Pilpres 2019 berlangsung fair play, profesional, saling menghormati, siap menang dan siap kalah.

"Siapapun pemenangnya tetap harus saling menghormati dan mengedepankan persatuan untuk kemajuan bangsa Indonesia," tutur alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) ini.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6365 seconds (0.1#10.140)