Soal PAN yang 'Masih Bingung', PDIP: 62 Persen Gambaran yang Ideal

Kamis, 02 Agustus 2018 - 15:56 WIB
Soal PAN yang Masih Bingung, PDIP: 62 Persen Gambaran yang Ideal
Soal PAN yang 'Masih Bingung', PDIP: 62 Persen Gambaran yang Ideal
A A A
JAKARTA - Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mau berbagi cerita dan 'bocoran' mengenai hasil pertemuan antara Presiden Jokowi dengan sembilan Sekjen partai politik pengusung Jokowi yang berlangsung bebarapa waktu lalu.

Bocoran itu disampaikan Hasto usai memberikan pembekalan terhadap belasan purnawirawan TNI yang menjadi bakal caleg dari PDIP di Kantor DPP PDIP, Rabu 1 Agustus 2018.

Salah satu bocorannya adalah mengenai status Partai Amanat Nasional (PAN) yang tak diundang dalam pertemuan tersebut. "Kami tidak secara spesifik membahas tentang PAN. Tapi dalam konfigurasi pemerintahan sekarang, Menteri PAN kan ada di dalam (pemerintahan)," kata Hasto menjawab pertanyaan wartawan.

Hasto menganggap, partainya menghormati pilihan politik PAN. Menurutnya, hubungan PDIP dengan PAN cukup baik, meski kedua partai ini memiliki sikap politik yang berbeda-beda. "Saya pikir koalisi sudah semakin solid dengan partai-partai yang ada sekarang ini sudah semakin kokoh sudah 62 persen," ujarnya.

Hasto mengaku, koalisi parpol kubu Jokowi tak mau dianggap mendominasi dengan modal 62 persen. Sehingga, jumlah 62 persen yang dikantongi Jokowi sebagai petahana dianggap gambaran yang ideal untuk pemerintahan yang efektif ke depan. "Karena kan pintu kepada partai-partai lain sudah didialogkan cukup lama," tandasnya.

Diketahui, PAN belum memutuskan sikap untuk mendukung salah satu capres. Bahkan PAN menyebut belum yakin mendukung pencapresan Prabowo Subianto. Sikap PAN itu tercermin dari hasil pertemuan empat sekjen parpol yang berlangsung kemarin malam. Partai yang dipimpin Zulkifli Hasan itu mengaku akan memutuskan soal dukungan saat Rakernas nanti.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8285 seconds (0.1#10.140)