Hari Ini, Calon Jamaah Haji Masuk Asrama Haji

Senin, 16 Juli 2018 - 08:36 WIB
Hari Ini, Calon Jamaah Haji Masuk Asrama Haji
Hari Ini, Calon Jamaah Haji Masuk Asrama Haji
A A A
BOYOLALI - Jamaah haji Indonesia yang jumlahnya mencapai 221.000 secara bertahap akan mulai diberangkatkan ke Tanah Suci, Selasa (17/7/2018) besok. Pada hari pertama akan ada 11 kloter yang diberangkatkan dari lima embarkasi.

Perinciannya, embarkasi Surabaya (SUB) 3 kloter, Padang (PDG) 1 kloter, Lombok (LOP) 1 kloter, Solo (SOC) 4 kloter, Jakarta-Pondok Gede (JKG) 1 kloter dan Makassar (UPG) 1 kloter. Total ada 4.486 jamaah haji yang akan diberangkatkan.

Di Embarkasi Solo, Jawa Tengah, jamaah haji yang akan diberangkatkan perdana adalah dari Kabupaten Tegal. Mereka dijadwalkan sudah masuk Asrama Haji Donohudan, Boyolali pada hari ini. “Mengingat kuota haji mulai pulih, pada tahun ini setiap hari sebanyak 5 kloter akan masuk ke Asrama Haji Donohudan,” ungkap Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo Afief Mundzir di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, kemarin.

Untuk mempermudah jamaah mengetahui seputar informasi haji, Kementerian Agama (Kemenag) kini menghadirkan kembali layanan berbasis digital. Versi terbaru aplikasi Haji Pintar tersebut sudah bisa diunduh di Google Play Store.

Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis mengatakan, aplikasi ini menggunakan ikon gambar Kabah dengan tulisan "HAJI PINTAR". Sejumlah layanan tersaji dalam aplikasi ini, antara lain: informasi seputar akomodasi, transportasi, dan konsumsi yang akan diterima jamaah selama di Saudi.

"Dengan memasukan nomor kloter, misal JKG 01 untuk jamaah kloter satu embarkasi Jakarta-Pondok Gede, maka jamaah sudah bisa mengetahui di mana hotel mereka saat di Madinah dan Mekkah," terangnya.

Selain itu, ada juga info jadwal penerbangan, cuaca di Arab Saudi, Hajipedia (istilah seputar haji dan umrah), serta sejumlah video tutorial penggunaan sarana prasarana yang akan diterima jamaah selama di Tanah Suci.

"Aplikasi ini juga menyediakan fitur pengaduan bagi jamaah yang berangkat tahun ini. Jamaah haji dapat menyampaikan persoalan yang didapati selama menjalankan ibadah haji dengan akses login menggunakan nomor paspornya," jelas Sri Ilham.

Sri Ilham berharap, layanan ini dapat memberikan kemudahan kepada jamaah dalam mengakses beragam informasi seputar ibadah haji tahun 2018. "Bagi calon jamaah haji yang belum berangkat tersedia juga layanan perkiraan atau estimasi keberangkatan," sebutnya.
(Sudarsono/Ary Wahyu)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6346 seconds (0.1#10.140)