Menhan Minta Pemudik Sebarkan Nilai Bela Negara di Kampung Halaman

Jum'at, 08 Juni 2018 - 14:03 WIB
Menhan Minta Pemudik Sebarkan Nilai Bela Negara di Kampung Halaman
Menhan Minta Pemudik Sebarkan Nilai Bela Negara di Kampung Halaman
A A A
JAKARTA - Ratusan prajurit dan pegawai negeri sipil (PNS) mengikuti kegiatan mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Jumat (7/6/2018). Dalam kegiatan tersebut, pemudik diminta menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan bela negara saat berlebaran di kampung halamannya.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan, mudik gratis ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun. Tujuannya, untuk membantu jajarannya merayakan Hari Raya Idul Fitri 1439 H di kampung halaman. "Saya berharap kalian semua senang, gembira. Semoga Tuhan YME melindungi kita semua. Usai libur Lebaran kembali kerja dengan semangat baru menjalankan tugas negara," ujarnya di Kantor Kemhan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan tersebut, Ryamizard berpesan kepada para pemudik Mudik Bela Negara untuk menyebarkan nilai-nilai Bela Negara di kampung halamannya. "Tunjukkan di sana (kampung halaman) nilai-nilai bela negara, NKRI harga mati. Kalau foto-foto ucapkan bela negara," tegasnya.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) juga meminta kepada para pemudik untuk peka terhadap lingkungan di sekitarnya dan melaporkan kepada Kemhan bila menemukan kejadian yang mengancam dan membahaykan keamanan masyarakat dan negara.

"Kalau ada kejadian lapor. Jangan sampai ada kejadian luar biasa di negara ini bengong-bengong. Baik PNS, prajurit, harus mengerti situasi, kaya kemarin serangan bom, bagaimana anggota harus bergerak, biar ada petunjuk dari Kemhan. Jangan sampai jalan tidak memiliki tujuan," ucapnya.

Mantan Pangkostrad ini menyebutkan, pihaknya memberangkatkan 30 bus. Rinciannya, 14 bus tujuan Yogyakarta; 12 bus tujuan Solo, 3 bus tujuan Surabaya dan 1 bus tujuan Lampung dengan total penumpang sebanyak 623 orang. "Menjelang Lebaran kan sulit mendapatkan tiket, sebagai bentuk kepedulian kami adakan mudik gratis karena lebih efektif, efisien dan terjamin keamanannya," katanya

Bu Bejo (50) salah seorang pemudik tujuan Ngawi, Jawa Timur mengaku senang dengan kegiatan mudik gratis yang digelar Kemhan. Menurut dia, kegiatan mudik gratis ini sangat membantu. Selain tidak harus mengeluarkan biaya juga lebih terjamin keamanannya. "Senang bisa ikut mudik gratis Kemhan. Tahun lalu saya juga ikut karena suami bekerja di Biro Hukum Kemhan," ucapnya.

Dia berharap, kegiatan mudik gratis ini terus diselenggarakan oleh Kemhan karena sangat membantu masyarakat khususnya para pegawai. "Semoga terus diadakan di tahun-tahun selanjutnya, sebab kami benar-benar diantar sampai ke lokasi tujuan," katanya. (sucipto)
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6768 seconds (0.1#10.140)