Dukung Arus Mudik, TNI AL Siapkan Kapal Perang untuk Pemudik Motor

Kamis, 06 April 2023 - 19:59 WIB
loading...
Dukung Arus Mudik, TNI AL Siapkan Kapal Perang untuk Pemudik Motor
Pemudik turun dari KRI Makassar 505 pada 2015. Tahun ini TNI AL kembali menyiapkan satu KRI untuk mudik gratis. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tak lama lagi mudik lebaran yang menjadi tradisi masyarakat setiap tahun akan berlangsung. Untuk mendukung kelancarannya, TNI AL menyiapkan satu kapal perang sebagai sarana mudik gratis.

"Kita akan menyiapkan satu KRI untuk mudik juga gratis, terutama untuk motor, pengemudi motor," kata Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis (6/4/2023).

Menurut Ali, penyediaan kapal perang untuk mudik tersebut didasari pertimbangan bahwa jumlah pemudik yang menggunakan motor tahun ini diprediksi meningkat. "Karena kalau sekarang kan setelah covid ini diperkirakan yang akan mudik akan melebihi jumlahnya sebelum covid. Nah ini harus diantisipasi," katanya.



"Dan apabila pemudik motor itu di jalan sangat berbahaya, mereka jalan jauh dengan membawa beban yang cukup berat untuk di kampung halaman dengan menggunakan motor, kan sangat berbahaya," sambungnya.

Ali belum mengungkapkan nama KRI yang akan diperbantukan untuk mudik gratis serta jalur mana saja yang akan dilalui. Yang jelas, kata Ali, hal itu dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan pengendara motor.

"Satu dulu, itu juga kalau dibutuhkan oleh Kementerian Perhubungan. Tapi kita tetap menyiapkan," ucapnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0953 seconds (0.1#10.140)