Gerkindo Ladies: Perempuan Harus Terdepan Suarakan Pancasila

Senin, 04 Juni 2018 - 12:26 WIB
Gerkindo Ladies: Perempuan Harus Terdepan Suarakan Pancasila
Gerkindo Ladies: Perempuan Harus Terdepan Suarakan Pancasila
A A A
JAKARTA - Memperingati Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni kemarin, Ketua Gerkindo Ladies, Soraya Togas meminta kepada kaum perempuan untuk aktif terlibat dalam menyosialisasikan Pancasila sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara.

”Minggu Pancasila ini kita jadikan momentum kebangkitan sosialisasi nilai Pancasila. Kaum perempuan perlu tampil di garis terdepan selalu menyuarakan kesadaran untuk mengamalkan Pancasila,” ujar Soraya dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (3/6/2018).

Soraya menjelaskan bahwa kesadaran hidup berbangsa dalam masyarakat majemuk harus terus ditanamkan dalam benak tiap warga. Bilamana tidak, Soraya mengaku khawatir Indonesia akan mudah terpecah belah oleh paham anarkis yang sudah dari dahulu menginginkan kehancuran bangsa.

“Kita ini kan hidup bersama dalam satu wilayah nusantara. Sejak negara ini terbentuk sudah terdiri dari berbagai suku, etnis agama dan kepercayaan. Berbeda-beda tapi disatukan oleh ideologi bersama yaitu Pancasila,” terang Soraya.

Menurut Soraya, kaum perempuan memiliki peran strategis untuk turut serta dalam mengkampanyekan Pancasila. Dirinya memberi contoh sosialisasi sederhana yang kerap kali dilakukan dalam kegiatan sehari-hari yakni melalui aplikasi jejaring sosial yang berada di gawai.

"Kaum perempuan biasanya paling sering menggunakan gawai, jadi sosialisasi dapat dilakukan melalui jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, WhatsApp dan sebagainya," paparnya.

Soraya menambahkan, di dalam nilai-nilai Pancasila sesungguhnya telah diatur lengkap terkait hubungan manusia, baik hubungan dengan Tuhan maupun sesama. Oleh karena itu, masyarakat seharusnya dapat bersatu untuk maju dan sejahtera.

“Prinsipnya adalah kaum perempuan tidak boleh diam saat melihat nilai-nilai Pancasila mulai dihancurkan oleh paham radikalisme. Kita harus bangkit dan sebarkan lagi Pancasila sebagai cara hidup bangsa,” tandas penyanyi nasional di era 1980-an asal Sulawesi Utara ini.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Gerakan Kasih Indonesia (Gerkindo) Effraim Yerry Tawalujan juga menekankan hal senada, agar seluruh masyarakat tidak hanya hafal tetapi juga mengamalkan Pancasila. Pasalnya, terdapat nilai-nilai positif untuk bersatu dan membangun bangsa yang lebih baik.

Untuk Gerkindo sendiri merupakan salah satu organisasi sayap Partai Persatuan Indonesia yang bergerak di bidang keagamaan dan memiliki program perjuangan menjaga nilai-nilai kebangsaan, nasionalisme dan Pancasila.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0633 seconds (0.1#10.140)