Jaga Asian Games, BNPT Terapkan Zero Attack and Zero Accident

Jum'at, 18 Mei 2018 - 11:10 WIB
Jaga Asian Games, BNPT Terapkan Zero Attack and Zero Accident
Jaga Asian Games, BNPT Terapkan Zero Attack and Zero Accident
A A A
JAKARTA - Kasus teror bom di Surabaya beberapa hari lalu membuat bangsa Indonesia kembali dituntut ekstra waspada terhadap tindakan radikalisme dan terorisme.

Teror-teror tersebut tidak lain bertujuan mengganggu ketentraman dan ingin memecah belah persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Apalagi tiga bulan lagi, Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018

Hal itu yang kini menjadi fokus pemerintah, selain memberantas terorisme sampai ke akarnya. Khusus untuk persiapan Asian Games, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan kementerian serta lembaga terkait dikumpulkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dalam forum Rapat Koordinasi Persiapan Pengamanan Asian Games di kantor Kementerian PMK, Jakarta, Kamis 17 Mei 2018.

“BNPT siap all out untuk mendukung Asian Games 2018. Tadi Ibu Menko PMK menggelar koordinasi fokus menyangkut masalah pengamanan. Itu dilakukan sebagai antisipasi dan memastikan pesta olahraga negara-negara Asia itu berjalan tanpa gangguan teror,” tutur Kepala BNPT Komisaris Jenderal Polisi usai pertemuan tersebut, seperti dalam keterangan tertulis.
Selain Kepala BNPT, hadir dalam rapat itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, Wakapolri yang juga CdM Kontingen Indonesia Komjen Pol Syafruddin, Deputi Kemenpora Gatot Dewobroto, Wakil Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) Mayen TNI Purn Sjafrie Sjamsoeddin, Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari, dan perwakilan dari Kemenlu, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan PPK GBK.
Menurut Suhardi, dalam rapat yang berlangsung selama kurang lebih dua jam itu, dibahas sangat detail terkait pengamanan Asian Games.Sebab, kata dia, Asian Games 2018 tinggal tiga bulan, sementara akhir-akhir kondisi Tanah Air justru diguncang aksi teror bom Surabaya.

“Tiga bulan lagi kita harus siap menyiapkan segala aspek keamanan, apalagi dengan situasi sekarang ini. Semua kita bahas dengan detil seperti masalah keamanan, penempatan atlet, VIP, venue. Itu kita identifikasi, terus apa yang mesti kita lakukan. Intinya, semua sudah berkolaborasi dengan baik,” tandas Suhardi Alius.

Intinya, sambung dia, dia dan seluruh kementerian dan lembaga terkait seperti TNI dan Polri, telah bertekad mengawal Asian Games 2018 agar aman dan lancar.

Bahkan pihaknya tidak segan untuk meniru slogan Korea Selatan saat menggelar Asian Games Incheon 2014 dan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018, yakni tanpa terjadinya insiden atau “zero attack, zero accident".
“Sangat ketat, siapa pun yang tidak pakai ID Card, tidak boleh masuk. Motonya zero attack dan zero accident. Kita akan mencontoh yang baik. Kenapa tidak?” ungkapnya.

Komjen Suhardi menambahkan pihaknya sangat konsen dengan persiapan keamanan Asian Games 2018 ini.Apalagi, sambung dia, semua acara-acara internasional seperti Asian Games ini selalu menjadi incaran teroris untuk melakukan teror.Artinya, potensi ancaman itu selalu ada, sehingga langkah antisipasi, kewaspadaan, dan sinergi berbagai pihak perlu terus dilakukan demi kelancaran acara ini.
Dia mengingatkan Piala Dunia 2018 di Rusia juga sudah lama diancam oleh kelompok militan, terutama ISIS. Fakta ini harus menjadi suatu pemahaman agar bisa diantisipasi dengan baik. Karena itulah masalah keamanan ini harus benar-benar diperkuat, tanpa celah.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6838 seconds (0.1#10.140)