Wahid Foundation Nilai Sertifikasi Penceramah Sulit Diwujudkan

Rabu, 16 Mei 2018 - 08:14 WIB
Wahid Foundation Nilai Sertifikasi Penceramah Sulit Diwujudkan
Wahid Foundation Nilai Sertifikasi Penceramah Sulit Diwujudkan
A A A
JAKARTA - Berbagai cara dilakukan agar ceramah-ceramah keagamaan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dan menampilkan kesan kedamaian. Salah satunya sempat muncul wacana sertifikasi penceramah.

Menanggapi hal ini, Direktur Wahid Foundation, Zannuba Ariffah Chafsoh menganggap wacana tersebut sulit dilakukan. Menurut Yenny Wahid sapaan akrabnya, hal itu mungkin saja bisa dilakukan namun tak akan efektif.

"Nanti malah hilang kredibilitas kecuali dilakukan oleh lembaga-lembaga independen tapi susah siapa? MUI, NU, Muhammadiyah?" tanya Yenny di Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Putri mendiang Presiden keempat Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini menganggap wacana tersebut sulit diwujudkan. Ia berpandangan, misal NU bersedia menyertifikasi mubaligh-mubaligh nya belum tentu Muhammadiyah mau. Begitu pun sebaliknya.

Menurutnya, sertifikasi penceramah bisa dilakukan jika NU dan Muhammadiyah bersedia melakukan hal tersebut. "Setelah itu diungkapkan ke publik dan penilaiannya terserah publik. Artinya publik sudah menaruh jaminan kepada kedua institusi ini yang sudah memfilter. Enggal apa-apa itu bisa saja," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6566 seconds (0.1#10.140)