Mobil Klinik PKPU HI Siap Melayani Kesehatan Pengungsi Rohingya

Selasa, 10 April 2018 - 14:14 WIB
Mobil Klinik PKPU HI Siap Melayani Kesehatan Pengungsi Rohingya
Mobil Klinik PKPU HI Siap Melayani Kesehatan Pengungsi Rohingya
A A A
DHAKA - Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan bagi para pengungsi Rohingya, mobil klinik PKPU Human Initiative dan Yayasan Kesejahteraan Madani (MADANI) resmi dioperasikan. Peresmian dilakukan di halaman gedung KBRI, Kalan No 53, Plot No 14, Gulshan - 2, Dhaka 1212, Bangladesh, Senin 9 April 2018. Peresmian ini dilakukan oleh Duta Besar Indonesia untuk Bangladesh Rina P Soemarno.

Acara dimulai dengan ditandai penyerahan secara simbolis kunci mobil oleh Amir Mutar, selaku perwakilan dari PKPU Human Initiative Indonesia kepada Dubes Rina P Soemarno. Selanjutnya kunci mobil diserahkan kepada perwakilan RISDA Bangladesh, selaku mitra lokal NGO yang akan mengoperasikan mobil klinik selama setahun kedepan.

Amir Mutar mengatakan, sejak awal kedatangan para pengungsi, PKPU Human Initiative telah mengirimkan 2 orang dokter yang bertugas selama 1 bulan. “Namun melihat peta geografis lokasi pengungsian yang sangat luas serta kebutuhan layanan kesehatan yang fleksible dan bisa menjangkau serta memudahkan layanan bagi para pengungsi, PKPU memutuskan untuk membuat program layanan kesehatan berupa Mobil Klinik,” katanya.

Selain peralatan kesehatan dan obat-obatan, di dalam mobil klinik juga tersedia tenaga medis full time yang terdiri dari 1 orang dokter, 1 orang perawat, 1 orang health assistance, 1 orang medicine staff, dan 1 orang sopir mobil.

Mobil klinik ini akan rutin melayani para pengungsi Rohingya dan masyarakat Bangladesh di Cox’s Bazar dengan jadwal operasional dari Sabtu-Kamis pukul 09.00-16.00 waktu setempat.

Program ini akan menyasar area-area pengungsian yang sulit dijangkau dan belum mendapatkan akses fasilitas kesehatan, dengan jumlah pasien diperkirakan rata-rata 125-200 pasien/hari. PKPU Human Initiative akan membiayai seluruh operasional mobil klinik ini selama 1 tahun penuh dan di akhir tahun akan dievaluasi untuk keberlanjutannya.

Dubes Indonesia untuk Bangladesh Rina P Soemarno mengatakan, mobil klinik PKPU Human Initiative merupakan mobil ke empat yang telah diberikan Indonesia kepada Bangladesh untuk membantu melayani kesehatan pengungsi Rohingya.

Seperti diketahui kekerasan yang terjadi di Rakhine, Myanmar sejak 25 Agustus 2017 telah menyebabkan sekitar 671,000 etnis Rohingya mengungsi ke wilayah Cox’s Bazar, Bangladesh. PKPU Human Initiative sebagai bagaian dari Indonesian Humanitarian Alliance (IHA) juga ikut berkontribusi memberikan berbagai program bantuan sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi memprihatinkan yang melanda para pengungsi Rohingya di Cox’s Bazar Bangladesh.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5712 seconds (0.1#10.140)