Puisi Sukmawati Bikin Kaget Politikus PDIP

Selasa, 03 April 2018 - 14:36 WIB
Puisi Sukmawati Bikin Kaget Politikus PDIP
Puisi Sukmawati Bikin Kaget Politikus PDIP
A A A
JAKARTA - Puisi Putri Proklamator Bung Karno, Sukmawati Soekarnoputri berjudul Ibu Indonesia membuat kaget Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Eva Kusuma Sundari. Pasalnya, Bung Karno atau Soekarno dikenal sangat Islami.

"Aku agak kaget apalagi Bung Karno sangat Islami. Komitmennya jadi tokoh agama Islam," ujar Eva Kusuma Sundari di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (3/4/2018).

Legislator asal Jawa Timur VI ini menyesalkan puisi Sukmawati tersebut karena situasinya kini tidak kondusif. "Untuk sikap pribadi seorang budayawan harus sensitif dengan lingkungan, dan kita sedang mencari jalan agar isu yang sensitif tak jadi isu politik," ujar anggota Komisi XI DPR ini.

Eva pun berharap, Sukmawati segera menjelaskan isi puisi berjudul Ibu Indonesia itu. Selain itu, dia menyarankan Sukmawati untuk segera menyampaikan permohonan maaf atas puisi yang dibacakan dalam acara Indonesian Fashion Week menyambut 29 tahun karya Anne Avantie itu.

"Azan kok disamakan dengan nyanyian. Itu enggak kompatibel menurut saya. Itu kewajiban ajakan. Jadi enggak bisa disamakan dengan isu panggilan kebudayaan nusantara, misalnya seperti itu," katanya.

Menurut dia, seharusnya Sukmawati tidak menyederhanakan persoalan dalam politik yang sedang rawan terhadap politisasi agama. "Sebaiknya tak mengganggu ke sana," ujarnya.

Selain itu, dia berharap agar polemik puisi Sukmawati itu tidak terus digoreng oleh elite politik.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3200 seconds (0.1#10.140)