Jokowi Doakan Fransiska dan Mathilda Sukses Taklukkan Everest

Jum'at, 30 Maret 2018 - 04:10 WIB
Jokowi Doakan Fransiska dan Mathilda Sukses Taklukkan Everest
Jokowi Doakan Fransiska dan Mathilda Sukses Taklukkan Everest
A A A
JAKARTA - Medan yang ekstrem dan tinggi tidak menciutkan nyali dua pendaki perempuan dari The Women of Indonesia’s Seven Summits Expedition Mahitala Unpar (WISSEMU) Fransiska Dimitri Inkiriwang dan Mathilda Dwi Lestari untuk menaklukkan puncak Everest.

Niat dua perempuan itu untuk menaklukkan Everest disambut baik pihak Istana Negara. Fransiska dan Mathilda yang akan memulai pendakian pada April-Juni 2018 dilepas pemerintah melalui Staf Khusus Presiden, Diaz Hendropriono, di lingkungan Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Pendakian ini bertujuan untuk menaklukkan seven summits atau tujuh puncak tertinggi di tujuh benua berbeda. Sebelumnya, Fransiska dan Mathilda telah berhasil mencapai enam puncak gunung tertinggi di enam lempeng dunia, yaitu Gunung Cartensz Pyramid (4.884 mdpl), Gunung Elbrus (5.642 mdpl), Gunung Kilimanjaro (5.895 mdpl), Gunung Aconcagua (6.962 mdpl), Gunung Vinson Massif (4.892 mdpl), dan Gunung Denali (6.190 mdpl).

Menurut Diaz, tidak mudah mendaki Gunung Everest. Apalagi suhu di puncak Everest dapat turun hingga minus 60 derajat celcius dengan angin yang mencapai 300 km per jam. "Kita harus mengapresiasi apa yang telah dilakukan maupun yang akan dilakukan oleh WISSEMU dengan mempertimbangkan tantangan yang dihadapi," ujarnya saat melepas keduanya.

Diaz menyampaikan pelepasan ini sedianya dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, mantan Wali Kota Solo itu berhalangan hadir lantaran tengah melakukan kunjungan kerja ke daerah. "Presiden Joko Widodo menyambut baik kegiatan ini dan ingin menghadirinya. Tetapi berhalangan akibat agenda kunjungan kerja," ujar dia.

Kendati begitu, putra mantan Kepala BIN AM Hendropriono itu menyampaikan bahwa Presiden Jokowi mendoakan agar WISSEMU berhasil mencapai cita-cita dan memenuhi mimpinya untuk mengharumkan nama bangsa.

Ia juga berharap WISSEMU menjadi role model bagi generasi perempuan Indonesia berikutnya, seperti Susi Susanti dan Dewi Sartika yang sukses pada bidang masing-masing. "Dengan apa yang telah maupun yang akan dilakukan WISSEMU, suatu hari nanti nama keduanya mungkin akan sejajar dengan nama-nama besar tersebut," tandasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8291 seconds (0.1#10.140)