HT: Maksimalkan Sinergi Pemerintah, BUMN, dan Swasta

Rabu, 28 Maret 2018 - 00:12 WIB
HT: Maksimalkan Sinergi Pemerintah, BUMN, dan Swasta
HT: Maksimalkan Sinergi Pemerintah, BUMN, dan Swasta
A A A
JAKARTA - Seluruh unsur harus bergandengan tangan memajukan Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) saat menjadi keynote speaker dalam acara The Power of Collaboration KORAN SINDO dan SINDOnews.com di Jakarta, Selasa (27/3/2018).

"Pemerintah, BUMN, dan swasta harus saling melengkapi, tidak saling berkompetisi, tapi bersama membangun bangsa," kata HT.

Menurut HT, peran pemerintah sebagai regulator dibutuhkan untuk kebijakan-kebijakan kondusif bagi iklim investasi di Indonesia. Sementara, BUMN diharapkan bisa bisa memaksimalkan perannya sebagai agent development untuk kepentingan masyarakat luas, selain fungsi komersialnya.

"Maksimalkan sinergi pemerintah sebagai regulator, BUMN sebagai agent of development, dan swasta terkait investasi, agar lebih produktif, lapangan kerja dan pajak meningkat," kata HT

Kebijakan kondusif, dengan peran saling melengkapi mendorong swasta lebih produktif. Lapangan pekerjaan akan bertumbuh sehingga bisa menyerap lebih banyak tenaga kerja, dan pendapatan negara dari pajak juga akan meningkat.

Selain itu, Ketum Partai Perindo tersebut mengatakan, masyarakat ekonomi lemah yang tidak bisa berdiri sendiri harus didorong agar bisa maju lebih cepat, bisa mandiri, produktif, dan mapan.

Misalnya, dengan akses mudah memperoleh dana murah untuk modal mereka, pelatihan untuk meningkatkan keterampilan maupun proteksi yang memberikan mereka kesempatan untuk tumbuh. Sehingga, jumlah masyarakat produktif bertambah, ekonomi Indonesia akan tumbuh lebih cepat

Dengan seluruh pihak bekerja sama saling mengisi, HT optimistis Indonesia bisa menjadi bangsa yang diidam-idamkan oleh masyarakat. Pendapatan per kapita masyarakat bisa terus semakin meningkat menjadi US$ 10.000, bahkan bisa mencapai US$ 20.000 atau meningkat lima kali lipat dari saat ini. Indonesia bisa menjadi negara maju, dengan masyarakatnya yang makmur, segala persoalan bangsa dapat diatasi dengan lebih baik. Intoleransi bisa diatasi, kejahatan pun akan menurun.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6086 seconds (0.1#10.140)