Kemkominfo Beberkan Tiga Langkah Tangkal Hoaks

Kamis, 22 Maret 2018 - 15:19 WIB
Kemkominfo Beberkan Tiga Langkah Tangkal Hoaks
Kemkominfo Beberkan Tiga Langkah Tangkal Hoaks
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal Informasi Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Rosarita Niken Widiastuti menyatakan berita bohong atau hoaks paling banyak didistribusikan melalui internet.Hal itu terjadi sebagai konsekuensi logis atas perkembangan teknologi informasi.

Karenanya, Niken mengajak masyarakat untuk bersama-sama turun tangan memerangi hoaks. Bagaimana caranya? Dalam diskusi Weekly Forum bertema Mengenal dan Menghadapi Hoax di Era Digital yang dilaksanakan di Auditorium Gedung SINDO, Niken memberikan beberapa resep untuk menangkal hoaks.

Pertama, klarifikasi. Bila hendak membagikan informasi, Niken mengimbau masyarakat untuk memastikan darimana sumber informasi serta menimbang asas manfaat dari informasi tersebut.

"Ada tahapan-tahapan kita mendapat informasi. Klarifikasi informasi tersebut, datanya benar atau tidak. Bila benar, pertimbangkan bermanfaat atau tidak," ujar Niken, Kamis (22/3/2018).

Langkah kedua, responsibility atau tanggung jawab. Niken mengatakan, setiap penyebar informasi harus bertanggung jawab atas informasi yang dibuat dan kemudian disebar.

Ketiga, cek ulang. Niken menuturkan, langkah terakhir yang hendaknya dilakukan sebelum menyebar informasi adalah mengecek ulang data-data yang termuat dalam informasi tersebut. "Tiga langkah ini sudah menjadi panduan baku di dunia internasional," kata Niken.

Niken lantas mengajak masyarakat untuk melaporkan informasi atau konten meragukan dengan ciri-ciri menyerang seseorang atau menimbulkan emosi, menghasut, memprovokasi, kepada aduan konten di laman Kemkominfo.

"Nanti laporan tersebut akan diperiksa apakah hoaks atau bukan. Jadi kita harus cek ricek dan memastikan kebenaran data sebelum dibagikan," ucap Niken.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5056 seconds (0.1#10.140)