KPU Luncurkan Gerakan Coklit Serentak

Jum'at, 05 Januari 2018 - 14:42 WIB
KPU Luncurkan Gerakan Coklit Serentak
KPU Luncurkan Gerakan Coklit Serentak
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meluncurkan gerakan pencocokan dan penelitian (coklit) serentak di seluruh wilayah di Indonesia. Aksi yang akan berlangsung pada 20 Januari 2018 nanti akan melibatkan seluruh stakeholder, mulai dari penyelenggara pemilu, pemerhati kepemiluan, tokoh agama, hingga masyarakat.

Ketua KPU Arief Budiman menjelaskan latar belakang diluncurkannya gerakan coklit serentak, menurut dia, dengan dilakukan secara bersama-sama akan mendapatkan perhatian yang lebih luas sehingga memunculkan kesadaran yang lebih dari masyarakat untuk ikut terlibat. Terlebih menurutnya coklit selama ini digelar tidak beraturan dan terkesan hanya jadi rutinitas belaka.

“Ada yang melakukan dihari pertama, kedua, terakhir. Jadi kebanyakan teman-teman melakukan coklit diperiode terakhir dari seluruh tahapan coklit. Maka kami perlu, pada hari pertama kita lakukan gerakan serentak untuk memberi semangat, sinyal, kepada masyarakat pemilih, supaya masyarakat pemilih juga tergerak sejak hari pertama coklit mereka sudah mengecek nama sudah masuk, benar tidak,” ujar Arief saat membuka acara peluncuran gerakan coklit serentak di Jakarta Jumat (5/1/2018).

Menurut Arief, dengan digelar secara serentak maka ada pengawasan yang melekat terhadap proses coklit. Dia ingin jajarannya di 20 Januari nanti untuk berkordinasi dengan Bawaslu serta stakeholder lainnya agar kegiatan nanti berjalan sukses dan lancar. “Kami mengingatkan teman-teman provinsi, kab/kota bahwa kegiatan coklit akan dilihat. Bawaslu, DKPP, NGO, kementerian juga akan melihat itu. Jadi dalam melakukan pekerjaan anda dilihat banyak pihak maka anda harus bekerja baik,” lanjut Arief.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4424 seconds (0.1#10.140)