Ridwan Hisjam Siap Gantikan Setya Novanto sebagai Ketua DPR

Rabu, 06 Desember 2017 - 17:07 WIB
Ridwan Hisjam Siap Gantikan Setya Novanto sebagai Ketua DPR
Ridwan Hisjam Siap Gantikan Setya Novanto sebagai Ketua DPR
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR RI Ridwan Hisjam mengaku siap menjadi Ketua DPR RI menggantikan Setya Novanto yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kalau untuk Ketua DPR saya sudah menyatakan saya siap apabila partai menugaskan saya menjadi Ketua DPR menggantikan Pak Novanto, saya siap. Saya merasa punya kemampuan," ujar Ridwan saat dikonfirmasi, Minggu (3/12/2017).

Kemampuan yang dimaksud, lanjut Ridwan, ialah dirinya pernah menjadi pimpinan DPRD Jawa Timur satu periode. Lalu pada era Orde Baru, ia pernah menjadi utusan daerah sebagai Anggota MPR RI pada periode 1997-1999. Selain itu, Ridwan juga tercatat pernah menjadi Anggota DPR RI pada periode 1999-2004 dan periode sekarang (2014-2019).

"Saya juga sudah pernah menjadi pimpinan Komisi X DPR dan sekarang pimpinan Fraksi Golkar di DPR RI. Dengan pengalaman sebagai pimpinan dewan di provinsi terbesar di Indonesia, Jawa Timur, saya kira cukup pengalaman saya. Insyaallah tidak mengecewakan apa yang diharapkan oleh rakyat dan anggota DPR lainnya," jelas Wakil Sekretaris Jenderal DPP Golkar ini.

Anggota Komisi X DPR RI itu melanjutkan, pada dasarnya pimpinan DPR hanyalah speaker untuk menyampaikan apa yang menjadi keputusan bersama anggota dewan yang bersumber dari aspirasi rakyat. "Ini harus menyuarakan suara DPR, ada 10 fraksi. Harus disuarakan pimpinan DPR," pungkas Ridwan.

Ridwan menerangkan, dirinya pernah memiliki pengalaman memimpin partai dalam masa-masa sulit. Pada kondisi itu kemudian partai kembali bangkit berkat kecakapan kepemimpinannya. Namun demikian, Ridwan mengaku tak berambisi untuk menduduki kursi Ketua Umum Golkar menggantikan Setnov.

"Cuma karena saya belum pernah memosisikan diri di DPP sebagai salah satu ketua, jadi saya merasa diri saya belum cukup mampu untuk memimpin partai ini. Saya tertinggi itu sebagai wasekjen di bidang pemenangan pemilu di Jawa Timur. Saya kira masalah ketua umum itu saya belum punya pengalaman," kata Ridwan.

Sebelumnya, sejumlah pemuda yang mengatasnamakan Forum Pemuda Peduli Parlemen (FP3) menuntut dan menyuarakan Ketua DPR RI Setya Novanto untuk segera diganti. FP3 menganggap pimpinan DPR itu telah merusak dan mencemarkan nama citra DPR RI di masyarakat. Dalam tuntutannya, mereka meminta Ridwan Hisjam diangkat sebagai Ketua DPR RI yang baru.

Dalam penilaian FP3, Ridwan Hisjam dianggap memiliki track record yang baik selama menjabat sebagai anggota DPR RI khususnya di Komisi X. "Sosok Ridwan Hisjam saat ini bersih dan berwibawa serta punya track record yang bagus selama menjadi anggota DPR RI khususnya di Komisi X, apalagi beliau saat ini juga menjadi Wakil Ketua Komisi X yang fokus pada pendidikan dan pemuda," ujar Harry Mulya selaku pendiri Forum Pemuda Peduli Parlemen (FP3).
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9281 seconds (0.1#10.140)