Tiga Polres Raih Predikat Wilayah Bebas Korupsi

Selasa, 05 Desember 2017 - 15:32 WIB
Tiga Polres Raih Predikat Wilayah Bebas Korupsi
Tiga Polres Raih Predikat Wilayah Bebas Korupsi
A A A
JAKARTA - Tiga wilayah kepolisian di Jawa Timur mendapat predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Tiga wilayah tersebut adalah Polres Jember, Gresik dan Polres Sidoarjo. "Tiga Polres tersebut mampu melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah yang baik, efektif dan efesien sehingga dapat melayani masyarakat secar cepat, tepat dan profesional dalam menuwudkan good govermence dan clear goverment," ujar Direktur Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntan Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi M Yusuf Ateh diacara Seminar Pasis Sespimma Polri Angkatan 58 TA 2017 bertema Optimalisasi Kinerja Polri Guna Membagun Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM Dalam Rangka Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat, di Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Menurut dia, ada lima aspek yang perlu diterapkan untuk mendapatkan predikat tersebut setidaknya ada lima aspek, yakni manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan dan penguatan akuntabilitas serta pelayanan publik.

"Saya melihatnya aura masuk ke Polres sekarang berbeda dari sebelumnya. Di mana banyak perubahan dan inovasi yang sudah dilakukan. Kami berharap ini menjadi contoh bagi Polres yang lainnya," tuturnya.

Kepala Sekolah Staf dan Pimpinan Pertama (Sespimma) Polri Brigjen Pol Syafril Nursal ‎mengungkapkan, pembangunan zona integritas memiliki tujuan politis dan strategis. Tujuan politis, yakni menyampaikan kepada publik bahwa Polri terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Sedangkan tujuan strategis, yakni tercapainya predikat zona integritas dengan meningkatkan kesejahteraan Polri dengan tunjungan kinerja dan remunerasi. "Ini merupakan dalam rangka meningkatkan peran dalam mendukung program reformasi birokrasi melalui Promoter (profesional, modern dan terpecaya)," ungkapnya. ‎

Syafril menegaskan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian sudah menyiapkan semua kebutuhan bagi Polres yang mendapat predikat WBK dan WBBM.

Misalnya tunjangan kerja naik, dana untuk perbaikan gedung dan kebutuhan lainnya. "Ini sudah komitmen Kapolri bagi mereka yang mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," tuturnya.

(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6164 seconds (0.1#10.140)