DPR Tak Khawatirkan Marsekal Hadi Tjahjanto Berpolitik Praktis

Senin, 04 Desember 2017 - 15:39 WIB
DPR Tak Khawatirkan Marsekal Hadi Tjahjanto Berpolitik Praktis
DPR Tak Khawatirkan Marsekal Hadi Tjahjanto Berpolitik Praktis
A A A
JAKARTA - Komisi I DPR tidak khawatir nantinya Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berpolitik praktis ketika menjabat Panglima TNI pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo. Komisi I DPR tidak memiliki catatan buruk terhadap calon Panglima TNI pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Wakil Ketua Komisi I DPR Asril Tanjung menilai Hadi Tjahjanto sudah layak menjabat Panglima TNI pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo. "Enggak ada (Catatan, red). Dia kan bintang empat. Sudah layak. Itu catatan Komisi I. Enggak ada lah kekhawatiran berpolitik praktis," ujar Asril Tanjung di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/12/2017).

Netralitas Hadi Tjahjanto selama ini pun tidak diragukannya. "Selama ini dia enggak pernah berkecimpung di politik. Jadi dia kelihatannya bersih. Sementara itu saya lihat. Tidak pernah saya lihat dia berpihak. Seperti halnya fungsi TNI ya seperti itu," katanya.

Kendati demikian, menurut dia, bisa saja nantinya keputusan uji kelayakan dan kepatutan (Fit and Proper Test) Komisi I DPR menolak Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. "Ya kalau hasil tesnya enggak bagus, ya ditolak," imbuh Politikus Partai Gerindra ini.

Diketahui, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018 mendatang. Dan pagi tadi, Presiden Jokowi telah menyerahkan nama Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU) Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo kepada DPR.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9037 seconds (0.1#10.140)