Setara Institute: Keputusan Jokowi Tunjuk Marsekal Hadi Tjahjanto Tepat

Senin, 04 Desember 2017 - 12:36 WIB
Setara Institute: Keputusan Jokowi Tunjuk Marsekal Hadi Tjahjanto Tepat
Setara Institute: Keputusan Jokowi Tunjuk Marsekal Hadi Tjahjanto Tepat
A A A
JAKARTA - Langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan nama Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon panglima TNI ke DPR pagi tadi dianggap sudah tepat. Maka itu, keputusan Presiden Jokowi itu didukung Peneliti Setara Institute Indra Listiantara.

"Sudah tepat langkah presiden untuk segera menyerahkan calon panglima TNI," ujar Indra Listiantara kepada SINDOnews, Senin (4/12/2017). Sebab, kata dia, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018 mendatang.

(Baca juga: Jadi Calon Panglima TNI, Begini Karier Marsekal Hadi Tjahjanto )

Menurut dia, ada tiga alasan mengapa pergantian Panglima TNI penting dan perlu segera dilakukan. Pertama, kata Indra, mengacu pada Undang-undang TNI, pergantian Panglima TNI membutuhkan persetujuan DPR.

Dia menambahkan, dengan pengajuan nama calon Panglima TNI baru pengganti Gatot Nurmantyo dari sekarang tentu akan memberikan keleluasaan bagi DPR untuk mencermati dan memeriksa profil kandidat sebelum memberi keputusan. "Dengan begitu, pengambilan keputusan yang tergesa-gesa dapat dihindari," ujarnya.

(Baca juga: Alasan Jokowi Pilih KSAU Jadi Calon Panglima TNI )

Kedua, memberikan ruang bagi masyarakat sipil untuk ikut berpartisipasi dalam mencermati sosok kandidat calon Panglima TNI. Lebih lanjut dia mengatakan, meski pemilihan panglima TNI merupakan hak prerogatif presiden, namun sangat penting bagi presiden untuk mempertimbangkan dan mencermati masukan dari publik.

Ketiga, semakin cepat proses pergantian Panglima TNI dilakukan akan sedikit banyak membantu memperlancar proses transisi manajerial organisasi di dalam tubuh Mabes TNI," pungkasnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4992 seconds (0.1#10.140)