Liputan Haji KORAN SINDO-SINDOnews Sabet Penghargaan dari Menkes

Kamis, 02 November 2017 - 09:16 WIB
Liputan Haji KORAN SINDO-SINDOnews Sabet Penghargaan dari Menkes
Liputan Haji KORAN SINDO-SINDOnews Sabet Penghargaan dari Menkes
A A A
JAKARTA - Penyelenggaraan haji 2017 telah berakhir. Badan Pusat Statistik (BPS) merilis bahwa tingkat kepuasan jamaah haji terhadap layanan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) meningkat dari 83,83% pada 2016 menjadi 84,85% di tahun ini.

Terkait penyelenggaraan haji, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai hari ini hingga 4 November 2017 menggelar Evaluasi Nasional Penyelenggaraan Kesehatan Haji 1438 H/2017 Masehi di Hotel Bidakara, Jakarta.

Masih dalam kegiatan evaluasi, Menkes Nila Farid Moeloek menyerahkan penghargaan kepada 10 individu atau lembaga yang dianggap berperan baik dalam mendukung pelaksanaan haji, khususnya di bidang kesehatan. Mereka adalah Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, Dinkes Riau, KKP kelas II Padang, Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia, PPIH Arab Saudi Bidang Kesehatan, Kabiro Perencanaan Setjen Kemenag Ali Rohmad, KH Qosim Sholeh, Yusack Setiawan, dua wartawan Metro TV, dan wartawan KORAN SINDO-SINDOnews Muh Iqbal Marsyaf.

"Terima kasih atas berita-berita yang memberikan pencerahan bahwa kemampuan (istithaah) kesehatan haji memang diperlukan untuk mendukung pelaksanaan rukun dan wajjb haji," ujar Menteri Nila kepada wartawan KORAN SINDO-SINDOnews Muh Iqbal Marsyaf saat menyerahkan penghargaan di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Sementara Kepala Pusat Kesehatan Haji (Kapuskes) Haji, Kemenkes dr Eka Jusuf Singka mengatakan, peran media massa dalam mengedukasi masyarakat, khususnya calon jamaah haji, sangat besar. Calon jamaah haji harus tahu bahwa berhaji itu bukan hanya membutuhkan finansial, tapi juga memerlukan kesehatan yang mendukung pelaksanaan rukun haji.

"Kasihan jamaah haji, sudah bayar mahal dan menunggu lama, tapi begitu sampai di Arab Saudi malah dirawat di rumah sakit atau KKHI," katanya.

Pihaknya pun mengapresiasi KORAN SINDO-SINDOnews yang mengedukasi masyarakat tentang syarat haji yang tertuang dalam Permenkes tentang Istithaah Kesehatan Jamaah Haji. "KORAN SINDO dan SINDOnews memberikan edukasi kepada masyaraka tentang pentingnya istithaah kesehatan," kata dr Eka Jusuf Singka.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6349 seconds (0.1#10.140)
pixels