BKKBN Memilih Duta GenRe untuk Rencanakan Masa Depan Remaja Indonesia

Kamis, 26 Oktober 2017 - 17:26 WIB
BKKBN Memilih Duta GenRe untuk Rencanakan Masa Depan Remaja Indonesia
BKKBN Memilih Duta GenRe untuk Rencanakan Masa Depan Remaja Indonesia
A A A
JAKARTA - Remaja saat ini akan menjadi bagian dari Generasi Emas Indonesia, generasi yang pada tahun 2045, saat Indonesia memasuki usia 100 tahun merdeka, akan berusia antara 35-54 tahun. Generasi ini akan berada pada usia produktif sehingga secara pasti akan mewarnai dan menjadi pemimpin bangsa.

Menurut sumber Proyeksi Penduduk Indonesia pada tahun 2016 sebesar 258,7 juta dan penduduk remaja (usia10 - 24 tahun) sekitar 66,3 juta jiwa. Ini berarti 1 di antara 4 penduduk adalah remaja. Jumlah remaja yang besar tersebut adalah potensi yang memerlukan pengelolaan yang terencana, sistematis dan terstruktur agar dapat dimanfaatkan menjadi modal pembangunan ke depan.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Surya Chandra Surapaty mengatakan, salah satu Program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam upaya meningkatkan kualitas hidup adalah mengembangkan Program Generasi Berencana (GenRe).

“Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda. Program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pranikah dan Napza guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan,” ujar Chandra dalam keterangan tertulisnya yang diterima SINDOnews, Rabu (25/10/2017).

BKKBN memberikan apresiasi kepada remaja yang aktif dalam kelompok Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja dalam mengembangkan program GenRe. Setiap tahun BKKBN memilih Duta Genre yang diambil dari remaja yang memiliki kompetensi dan karakter yang sangat baik.

Mereka juga akan ditunjuk BKKBN menjadi motivator untuk menyampaikan pesan-pesan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. Apresiasi Duta GenRe dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja (ADUJAK GENRE) Tingkat Nasional Tahun 2017, diselenggarakan di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Rabu (25/10).

Generasi milenial

Surya menekankan, remaja Indonesia saat ini adalah generasi milenial, generasi yang hidup di alam keterbukaan, kebebasan berekspresi, dan dibanjiri beragam informasi yang tentunya muncul beragam persoalan di kalangan remaja.

“Namun kalau remaja Indonesia menjadi Generasi Berencana saya berharap mampu menjadi remaja yang tangguh siap menghadapi masa depan dengan terencana,” kata Surya di hadapan para mahasiswa pada pembukaan ADUJAK GENRE di Kampus Institut Seni (ISI) Padang Panjang.

Apresiasi Duta GenRe dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja (ADUJAK GENRE) Tingkat Nasional 2017 merupakan gelaran yang ke-8. Diikuti oleh lebih dari 800 perwakilan remaja dari seluruh Indonesia.

Kegiatan kali ini mengambil tema Sewindu Mengabdi Untukmu Negeri, diselenggarakan pemilihan Duta GenRe dari tanggal 22-27 Oktober 2017 dan Jambore Ajang Kreatifitas Remaja GenRe dari 24-27 Oktober 2017. Ajang ini akan memilih Duta GenRe dari jalur pendidikan dan masyarakat dengan juri dari Kemendikbud, Kemenko PMK, BNN, Psikolog dan BKKBN.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengharpakan, melalui GenRe remaja dapat memiliki perencanaan dalam hidupnya. Nasrul mengajak generasi muda merencanakan hidup dengan matang.

“Tantangan saat ini cukup berat bagi generasi muda, perkembangan teknologi dan kebebasan harus disikapi dengan bijak, jangan larut, hidup adalah pilihan, pilihan adalah perencanaan,” kata Nasrul Abit.

Program GenRe di antaranya adalah Kesehatan Reproduksi Remaja, Life Skill, Penyiapan Kehidupan Berkeluarga, serta Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Program GenRe dilaksanakan melalui pengembangan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja sesuai dengan kecenderungan remaja yang lebih menyukai bercerita tentang permasalahannya dengan teman sebaya.

Jumlah PIK Remaja saat ini tercatat sekitar 23.579 yang keberadaannya tersebar di 34 provinsi. Kelompok PIK Remaja diharapkan menjadi wadah bagi mereka untuk berkumpul, berbagi cerita, berkreatifitas dan saling tukar informasi. Melalui Program GenRe, remaja dibina dan diarahkan untuk mampu menjalani masa transisi kehidupan remaja.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7212 seconds (0.1#10.140)