Jokowi Dipastikan Hadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Priangan

Senin, 21 Agustus 2017 - 17:55 WIB
Jokowi Dipastikan Hadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Priangan
Jokowi Dipastikan Hadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Priangan
A A A
BANDUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan menghadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Priangan, sebagai acara puncak peringatan Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia yang akan digelar di Kota Bandung, Sabtu 26 Agustus 2017.

Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki mengatakan, dalam karnaval tersebut Jokowi akan mengenakan pakaian khas Pasundan sebagai representasi kekayaan kebudayaan Pasundan.

"Sekarang lagi dirancang (pakaiannya) oleh perancang busana asal Bandung," ungkap Teten seusai rapat persiapan Karnaval Kemerdekaan Pesona Priangan di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (21/8/2017).

Teten melanjutkan, kehadiran Presiden di acara tersebut akan disambut 1.000 pelajar dan Paduan Suara dari Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung. Karnaval juga akan dibuka Presiden yang ditandai dengan pemukulan kentongan.

"Ownershipnya nasional. Kemarin sudah dibahas rutenya dari Gedung Sate sampai Balai Kota Bandung. Kemungkinan ada tiga panggung untuk pembuangan arak-arakan," terang Teten.

(Baca juga: DPR Kompak Protes Merah Putih Terbalik di Buku SEA Games)

Karnaval rencananya dimeriahkan oleh 43 kontingen dari berbagai unsur lintas budaya, komunitas, provinsi, kabupaten, dan kota, di antaranya drum band Changka Panorama Secapa TNI Angkatan Darat, anggota Pramuka, Paskibraka Jabar sebagai pembawa bendera peserta Konferensi Asia Afrika (KAA), Jember Fashion Carnival, barisan 50 pemuda pemudi berkostum harmoni nusantara, dan lain-lain.

Teten menambahkan, untuk konten pelaksanaan karnaval dan persiapan teknis, pemerintah pusat menyerahkan hal itu kepada Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung. "Untuk kontennya kami serahkan ke daerah karena lebih tahu," pungkasnya.

Masih di tempat yang sama, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengimbau seluruh warga mengantisipasi penutupan sejumlah ruas jalan selama pelaksanaan Karnaval Kemerdekaan Pesona Priangan yang akan dimulai pukul 08.00 WIB-12.00 WIB.

"Nanti bakal ada penutupan sejumlah ruas jalan, dari Gedung Sate hingga Alun-alun Bandung serta Balai Kota Bandung, masyarakat agar mengantisipasi," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6073 seconds (0.1#10.140)