Pancasila Sudah Final, Sekarang Saatnya Implementasi

Rabu, 09 Agustus 2017 - 21:51 WIB
Pancasila Sudah Final, Sekarang Saatnya Implementasi
Pancasila Sudah Final, Sekarang Saatnya Implementasi
A A A
JAKARTA - Ketua MPR Zulkifli Hasan menegaskan bahwa sejak 71 tahun lalu Pancasila sudah final sebagai dasar berbangsa dan bernegara. Hal itu dikatakannya saat menjadi pembicara dalam Musyawarah Kerja 2017 Kongres Wanita Indonesia (Kowani) di Gedung Lemhanas, Jakarta, Rabu (9/8/2017).

"Sekarang kewajiban seluruh anak bangsa untuk implementasikan Pancasila di semua sektor seperti bidang ekonomi, hukum, kemanusiaan sampai keadilan sosial," kata dia.

Dia mengatakan perdebatan tentang definisi Pancasila seharusnya selesai. Diskusi-diskusi yang ada diharapkan lebih membahas strategi untuk memajukan Indonesia, apalagi negara ini sudah tertinggal dari negara lainnya.

"Yang kita perdebatkan seharusnya bagaimana Pancasila itu menjadi kenyataan. Kenyataan untuk kehidupan sehari-hari, kenyataan dalam ekonomi, kenyataan dalam melahirkan undang-undang, melahirkan peraturan, itu yang masuk dalam pembahasan kita," sebutnya.

Saat ini yang miskin harus diangkat derajatnya melalui semangat Pancasila yakni pemerataan dan sejahtera semuanya. Keadilan sosial untuk semuanya, bukan untuk segelintir golongan saja.

Jadi, kata dia, Pancasila menjadi pemersatu bangsa yang bisa diimplementasikan dalam berbagai aspek kehidupan. “Pancasila harus menjadi pemersatu bangsa, yang harus bisa menjadi kenyataan dalam perilaku kehidupan harian,” kata Zulkifli.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8346 seconds (0.1#10.140)