PKB Sumbang Rp200 Juta Bangun Ponpes di Area Makam Cut Nyak Dien

Minggu, 06 Agustus 2017 - 13:40 WIB
PKB Sumbang Rp200 Juta...
PKB Sumbang Rp200 Juta Bangun Ponpes di Area Makam Cut Nyak Dien
A A A
SUMEDANG - Perjuangan sosok pahlawan perempuan asal Nangroe Aceh Darussalam Cut Nyak Dien yang mengajarkan membaca Alquran dalam masa pengasingannya di Sumedang membuat Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar tersentuh. Dia pun secara spontan menyumbangkan Rp200 juta yang diperuntukkan untuk membangun Pondok Pesantren Tahfidz Alquran di area makam Cut Nyak Dien.

"Sebagai bagian dari menghormati dan menghargai perjuangan seorang perempuan yang semangatnya luar biasa dalam keadaan buta namun mampu ajarkan baca Alquran dengan ikhlas," ujar Muhaimin usai berziarah di Makam Cut Nyak Dien di Sumedang, Sabtu (5/8/2017).

Spontanitas Cak Imin, panggilan akrab cicit dari almagfurlah KH Bisri Syansuri pendiri NU tentunya disambut positif masyarakat yang tinggal di sekitaran makam Cut Nyak Dien tersebut.

"Banyak pemimpin, tokoh datang ziarah ke sini, namun baru kali ini ada yang tersentuh untuk membangun pesantren sebagai penghargaan atas jasa Cut Nyak Dien di Sumedang. Kami warga tentu bangga dan bersyukur serta berterima kasih pada Cak Imin," ujar Dadang (43), warga Sumedang.

Rencananya titik lokasi pembangunan Pesantren Tahfidz Alquran akan dilakukan di sekitar pemakaman Cut Nyak Dien. Usai berziarah di makam Cut Nyak Dien, Cak Imin bersama rombongan kegiatan reses bersama Fraksi PKB DPR RI disambut Bupati Sumedang.

Cak Imin didampingi Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, Pimpinan Fraksi PKB Ida Fauziyah dan H Cucun Syamsurijal serta pemangku Dapil KH Maman Imanulhaq menunggangi kuda renggong diiringi tarian dan musik khas Sumedang untuk menghadiri pertemuan di Islamic Center Sumedang.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1296 seconds (0.1#10.140)