Menkes Jamin Vaksin Campak dan Rubella Aman dan Halal

Selasa, 01 Agustus 2017 - 14:02 WIB
Menkes Jamin Vaksin Campak dan Rubella Aman dan Halal
Menkes Jamin Vaksin Campak dan Rubella Aman dan Halal
A A A
YOGYAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Faried Moeloek akan memaksimalkan proses sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat.

Pasalnya, sampai saat ini ada sebagian masyarakat yang menolak vaksinasi measles rubella (MR) untuk mencegah penyakit campak dan rubella.

Menteri Kesehatan menegaskan vaksin ini dipastikan aman dan halal. “Imunisasi ini untuk kekebalan, dan mencegah anak dari penyakit campak dan rubella,” ujar Nila di Sleman, Yogyakarta, Selasa (1/8/2017).

Dia menjelaskan, imunisasi MR lebih pada upaya pencegahan. Sebab penyakit itu bisa mengakibatkan bayi cacat. Bahkan ada beberapa kasus bayi meninggal akibat penyakit tersebut.

Menurut Nila, informasi tentang measles dan rubella juga akan disampaikan oleh Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Kesehatan dalam proses sosialisasi imunisasi.

Dia menegaskan vaksin campak dan Rubella aman dan halal. Untuk campak terbuat dari telur sedangkan rubella dari sel punca. Vaksin juga diproduksi di dalam negeri oleh produsen lokal, Biofarma.

“Kalau ada yang bertanya itu hak masyarakat, kita pastikan aman,’ tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5921 seconds (0.1#10.140)