Jamaah Haji Indonesia Harus Tolak Permintaan Tips dari Umal

Minggu, 30 Juli 2017 - 09:56 WIB
Jamaah Haji Indonesia Harus Tolak Permintaan Tips dari Umal
Jamaah Haji Indonesia Harus Tolak Permintaan Tips dari Umal
A A A
MADINAH - Jamaah calon haji asal Indonesia diminta berani menolak permintaan uang jasa dari umal (pekerja) yang membawa koper mereka dari bandara menuju bus, atau dari bus menuju kamar. Karena pembayaran para umal sudah menjadi tanggung jawab Muasasah Adilla.

“Saya minta jamaah haji berani menolak. Jika terus didesak agar memberikan uang, misalnya alasan tips, segera laporkan ke petugas haji,” kata Amin Handoyo, Kepala Daerah Kerja Madinah, dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Sabtu (29/7/2017).

Petugas Penyelenggara Haji Indonesia (PPHI) pun selalu ada di tiap hotel yang jamaah huni. Dan mereka sudah berkomitmen dalam pembinaan, pelayanan, dan perlindiungan terhadap jamaah.

Sementara itu, kejadian tersebut pernah dialami rombongan 1 Kloter SOC01 (Embarkasi Solo Donohudan). Seorang umal mendekati mereka dan meminta uang tips. Mereka pun memberikannya senilai 70 riyal.

Ketika ditanya kenapa memberikan, mereka ternyata sudah menyiapkannya sejak di Tanah Air dengan alasan kasihan. Karena mereka sudah membawakan koperal jamaah yang berat.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6684 seconds (0.1#10.140)