KPU Berkomitmen Perbarui Daftar Pemilih Tiap 3 Bulan Sekali

Selasa, 11 Juli 2017 - 15:22 WIB
KPU Berkomitmen Perbarui Daftar Pemilih Tiap 3 Bulan Sekali
KPU Berkomitmen Perbarui Daftar Pemilih Tiap 3 Bulan Sekali
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berkomitmen untuk terus memerbarui daftar pemilih yang di setiap daerah. Komitmen tersebut ditunjukkan dengan mewajibkan penyelenggara di tiap daerah mempublikasikan daftar pemilih yang dimilikinya melalui sistem daftar pemilih (Sidalih) per tiga bulan sekali kepada masyarakat.

“Kita kan punya program pemutakhiran DPT berkelanjutan. Kita berencana memutakhirkan itu tiap tiga bulan. Jadi tiap tiga bulan mereka harus merilis di kabupaten/kota,” ujar Ketua KPU Arief Budiman usai melakukan teleconfrence dengan sejumlah KPU provinsi di ruang operasional, Jakarta, Selasa (11/7/2017).

Menurut Arief, mekanisme pemutakhiran daftar pemilih semacam ini bersifat jangka panjang, dimana penyelenggara diminta untuk terus menjalin kordinasi dengan berbagai pihak salah satunya dengan dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil).

“Bahkan di Jambi (KPU setempat) juga berkoordinasi dengan dinas pemakaman. Pokoknya data diupdate karena meninggal, pernikahan, usia mencapai 17 tahun, perubahan status, mereka kerjakan secara offline,” lanjut Arief.

Sejalan dengan semangat tersebut, sejak pagi tadi KPU memastikan layanan Sidalih kembali bisa diakses oleh masyarakat. Arief berharap, dibukanya layanan Sidalih ini dapat memberikan ruang bagi masyarakat untuk melapor apabila belum terdaftar sebagai pemilih.

“Jadi masyarakat bisa melapor ke KPU supaya bisa mempercepat proses pemutakhiran datanya,” tutur dia.

Seperti diketahui, pasca pemungutan suara Pilkada 2017 lalu, sistem Sidalih ditutup sementara untuk perbaikan serta penyempurnaan sistem. Dalam proses perbaikan itu, KPU juga telah meminta jajaran di daerah untuk tetap melaksanakan pemutakhiran secara offline.

“Kita minta seluruh daerah 514 (kab/kota) untuk melakukan pemutakhiran,” pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0185 seconds (0.1#10.140)