Mendagri Dorong Siskamling Dilakukan dengan Serius

Sabtu, 01 Juli 2017 - 10:42 WIB
Mendagri Dorong Siskamling Dilakukan dengan Serius
Mendagri Dorong Siskamling Dilakukan dengan Serius
A A A
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo berharap Polri melaksanakan kembali Peraturan Kapolri (PERKAP) nomor 23 tahun 2007 tentang Siskamling dengan sungguh-sungguh. Dia menilai, Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) sudah terlihat mulai tidak intensif dilakukan.

Menteri asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengaku, pihaknya bersama Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendorong penerapan Perkap tersebut.

"Awal bulan Juni saya sudah adakan rapat dengan jajaran Kesbangpol se-Indonesia mengantisipasi hal tersebut demi menjaga stabilitas di daerah," katanya dalam keterangan persnya, Sabtu (1/7/2017).

Selain itu, Tjahjo Kumolo mengaku yakin, jajaran kepolisian akan berhasil mengungkap jaringan pelaku penyerangan terhadap 2 anggota Brimob III di Masjid Falatehan, dekat Mabes Polri yang terjadi Jumat 30 Juni 2017.

Terkait hal ini, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan waspada satu. Dia juga meminta aparat pemerintahan di level bawah pro aktif melakukan deteksi dini di lingkungan sekitarnya.

"Alternative gaya Pemolisian oleh RT/RW dapat dipertimbangkan untuk diterapkan dan diintensifkan," ujar Tjahjo.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4947 seconds (0.1#10.140)