Ical Minta Pemerintah Tindak Separatisme Minahasa Merdeka

Selasa, 23 Mei 2017 - 08:18 WIB
Ical Minta Pemerintah...
Ical Minta Pemerintah Tindak Separatisme Minahasa Merdeka
A A A
BALIKPAPAN - Persoalan separatisme Minahasa Merdeka harus disikapi serius. Integritas wilayah dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah hal yang tidak bisa ditawar.

Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie meminta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) memberi pemahaman ke dunia internasional bahwa Kedaulatan Indonesia harga mati. Menurutnya pemerintah harus menegaskan kembali ke dunia internasional bahwa Indonesia adalah bangsa yang berdaulat.

"Dengan konstitusi dan integritas wilayah yang tidak bisa dipertanyakan lagi," ujar Aburizal saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II Partai Golkar di Novotel, Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin, 22 Mei 2017 malam.

Pria yang biasa disapa Ical ini menambahkan, selain persoalan separatisme, berbagai persoalan lain juga mendesak segera diatasi. Dia menyebutkan, beberapa di antaranya ancaman ideologi Pancasila, penegakan hukum yang tidak adil, dan kesenjangan sosial yang semakin melebar.

Sementara itu, kata dia di bidang hukum, juga pentingnya konsistennsi aparat negara dalam penegakan keadilan. Menurutnya aparat negara harus menegakkan hukum tanpa kepentingan, termasuk dari arus pergerakan kekuasaan itu sendiri. (Baca: Habib Rizieq Diperiksa terkait Kasus Makar di Polda Metro Jaya)

"Semua itu memang relatif kecil tapi kalau tidak diatasi, apalagi jika ada campur tangan elemen asing yang terlalu jauh, maka situasi itu bisa bahayakan kita semua," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9906 seconds (0.1#10.140)