Jokowi Resmikan Masjid KH Hasyim Asyari di Daan Mogot

Sabtu, 15 April 2017 - 14:38 WIB
Jokowi Resmikan Masjid KH Hasyim Asyari di Daan Mogot
Jokowi Resmikan Masjid KH Hasyim Asyari di Daan Mogot
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat. Peresmian masjid ditandai dengan pemukulan bedug dan penandatanganan prasasti.

Sebelum meresmikan, Jokowi meninjau sejumlah lokasi di area pembangunan masjid. Berkemeja putih dan berpeci hitam, Jokowi didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin dan Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono.

Tampak pula Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iryawan dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi serta Yenny Wahid. Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari dibangun di atas lahan seluas 2,4 hektare.

Jokowi menjelaskan, masjid ini dibangun sebagai wujudkan komitmen pemerintah pusat dan pemerintah DKI Jakarta dalam mendukung hak beribadah warganya. "Karena Jakarta sebelum ini belum memiliki masjid raya," kata Jokowi, Sabtu (15/4/2017).

(Baca juga: Sumarsono Tepis, Pemajuan Jadwal Peresmian Masjid Daan Mogot Terkait Pilkada)

Jokowi menuturkan, dirinya sempat meletakkan batu pertama pembangunan masjid saat dia masih menjabat Gubernur DKI Jakarta. Selanjutnya, pembangunan diselesaikan oleh penerusnya, Basuki Tjahaja Purnama hingga saat ini Masjid telah selesai 100 persen.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengaku senang dengan ornamen khas Betawi yang menghiasi arsitektur masjid. "Waktu itu kita minta ornamen. Di setiap tiang kita lihat ada pagar, ini juga khas Betawi," ucap Jokowi.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9796 seconds (0.1#10.140)