Kodam VII Wirabuana Ubah Nama Jadi Kodam XIV Hasanuddin

Rabu, 12 April 2017 - 18:27 WIB
Kodam VII Wirabuana Ubah Nama Jadi Kodam XIV Hasanuddin
Kodam VII Wirabuana Ubah Nama Jadi Kodam XIV Hasanuddin
A A A
JAKARTA - Wali Kota Makassar M Ramdhan Pomanto berikan apresiasi perubahan nama Kodam VII Wirabuana menjadi Kodam XIV Hasanuddin. Nama Hasanuddin sendiri diambil dari salah satu pahlawan Sulawesi Selatan, Sultan Hasanuddin atau dijuluki 'Ayam Jantan dari Timur'.

Hal itu dikatakan Ramdhan Pomanto usai menghadiri upacara perubahan nama Kodam XIV Hasanuddin yang dipimpin oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono di Lapangan Karebosi, Makassar.

"Sultan Hasanuddin ini pahlawan nasional yang menyatukan kerajaan di wilayah Indonesia Timur, jadi penggunaan nama Hasanuddin saya kira sangat tepat," kata Ramdhan dalam siaran pers, Rabu (12/4/2017).

Wali kota yang akrab disapa Danny ini juga menyebutkan, Makassar memiliki sejarah besar dalam merebut kemerdekaan RI dan Sultan Hasanuddin adalah pahlawannya. Menurutnya, semangat kepahlawanan Sultan Hasanuddin harus diterapkan oleh anggota Kodam XIV Hasanuddin.

"Sikap kesatria, keberanian, dan siri’ na pacce yang mengalir dalam jiwa Sultan Hasanuddin harus diterapkan oleh anggota Kodam XIV Hasanuddin ke depan," imbuhnya.

Dia berharap, perubahan nama ini dapat meningkatkan optimalisasi kendali Angkatan Darat di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara yang berada di wilayah hukum Kodam XIV Hasanuddin.

"Heroisme perjuangan Sultan Hasanuddin mengusir penjajah harus menjadi inspirasi bagi prajurit TNI dalam menjaga dan mempertahankan keutuhan NKRI," tutupnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4257 seconds (0.1#10.140)