Psikolog Imbau Massa Aksi 313 Tidak Bawa Anak-anak

Selasa, 28 Maret 2017 - 15:55 WIB
Psikolog Imbau Massa Aksi 313 Tidak Bawa Anak-anak
Psikolog Imbau Massa Aksi 313 Tidak Bawa Anak-anak
A A A
JAKARTA - Forum Umat Islam (FUI) dan sejumlah elemen organisasi masyarakat akan menggelar aksi demonstrasi pada Jumat, 31 Maret 2017 atau dengan nama Aksi 313.

Dalam aksi bertajuk 313 itu, mereka ingin menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberhentikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Mengomentari rencana aksi ini, Profesor Irwanto, psikolog dari Pusat Kajian Perlindungan Anak Universitas Indonesia (UI) mengimbau kepada para peserta aksi, untuk tidak mengajak anak-anak dalam demonstrasi tersebut.

Irwanto mengatakan, situasi dalam sebuah demonstrasi sangat dinamis. Dalam kondisi tertentu, demonstrasi bisa berjalan tertib. Namun demikian, lanjut dia, psikologi massa yang sedang berkumpul di suatu tempat akan mudah tersulut dan terbakar provokasi.

"Tidak usah bawa anak ke demonstrasi. Kalau aman, baik-baik saja. Kalau terjadi kericuhan, anak akan trauma," ucap Irwanto saat ditemui usai diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (28/3/2017).

Irwanto turut mengkritisi sejumlah aksi ormas Islam yang di dalamnya melibatkan anak-anak. "Saya tidak tahu kalau mereka (anak-anak) diajak piknik. Semoga tak akan ada efek trauma," kata Irwanto.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6930 seconds (0.1#10.140)