Pemerintah Bahas Peningkatan Kualitas Pelaksanaan Ibadah Haji

Rabu, 22 Maret 2017 - 16:57 WIB
Pemerintah Bahas Peningkatan Kualitas Pelaksanaan Ibadah Haji
Pemerintah Bahas Peningkatan Kualitas Pelaksanaan Ibadah Haji
A A A
JAKARTA - Pemerintah sudah siap menjadikan pelaksanaan ibadah haji tahun ini lebih baik dibanding sebelumnya. Salah satu upayanya dengan melaksanakan rapat persiapan penyelenggaraan haji tahun 2017.

Rapat dihadiri Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F. Moeloek. Hadir juga Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dan sejumlah pejabat di beberapa kementerian/lembaga terkait.

"Penyelenggaraan ibadah haji memiliki kompleksitas tinggi, sehingga kita harus terus mematangkan persiapan. Tapi secara umum kita sudah lakukan banyak kemajuan," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dalam rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan haji tahun 2017 di Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Menurutnya progres persiapan pelaksanaan haji tahun ini sudah menunjukkan banyak kemajuan. Misalnya, kata dia pendaftaran lebih sederhana menjadi dua tahap dari sebelumnya tiga tahap.

"Selain itu, rute haji juga lebih efisien karena sudah dapat izin mendarat tidak hanya di Jeddah tapi sekarang juga di Madinah," ucapnya. (Baca: DPR Protes Pemerintah Gunakan Dana Haji untuk Proyek Infrastruktur)

Dia menambahkan, kemajuan lainnya adalah soal peningkatan kenyamanan asrama haji, karena semua hotel bagi jamaah haji Indonesia setingkat hotel bintang tiga. Bahkam lanjut dia lokasinya juga hanya enam wilayah saja, sehingga jamaah haji Indonesia tidak tercerai berai.

"Kemajuan juga terjadi soal pengangkutan jemaah antar perhajian, di mana transportasi bus bisa stand by 24 jam, sehingga kalau datang ke masjid bisa terus tetap stand by," katanya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5833 seconds (0.1#10.140)