Hary Tanoe Ajak Insan Pers Jadi Pemersatu Bangsa

Kamis, 09 Februari 2017 - 06:30 WIB
Hary Tanoe Ajak Insan Pers Jadi Pemersatu Bangsa
Hary Tanoe Ajak Insan Pers Jadi Pemersatu Bangsa
A A A
AMBON - Chairman & CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mengajak insan pers untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan.

Hal itu disampaikannya saat gala dinner Hari Pers Nasional (HPN) 2017 di Ambon, Maluku, Rabu 8 Februari 2017. Acara tersebut dihadiri Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, sejumlah pengusaha, dan praktisi media.

"Peran pers sangat penting dalam membentuk pola pikir masyarakat. Mari kita jaga persatuan dan kesatuan," seru HT disambut tepuk tangan seluruh tamu undangan.

Dia mengungkapkan, mayoritas masyarakat Indonesia tertinggal kesejahteraan dan pendidikannya. Membuat mereka mudah terpengaruh atau terprovokasi. Karena itulah, media diharapkannya menjadi pemersatu bangsa.

Pria asal Surabaya, Jawa Timur itu pun berharap, pemberitaan di media massa bersifat konstruktif. "Sebagai insan pers, pemberitaan kita harus konstruktif, membangun bangsa," tuturnya.

Dia mendukung Dewan Pers untuk menggelar seminar-seminar dan dialog sebagai upaya memberikan pemahaman tentang kebangsaan kepada insan pers di Tanah Air. Mindset mereka harus diarahkan agar bisa bersama-sama membangun bangsa.

Hary memberikan sedikit gambaran tentang kondisi Indonesia saat ini. Hampir 72 tahun merdeka, Indonesia baru sanggup mencapai 30% dari batas minimum pendapatan per kapita negara-negara maju yang di atas US$ 12.000.

Akar permasalahannya, kata HT, Indonesia terlalu cepat menganut kapitalisme dan menerapkan pasar bebas saat mayoritas masyarakat belum siap dari sisi kesejahteraan dan pendidikan. Akibatnya, manfaat ekonomi hanya terpusat pada kelompok-kelompok tertentu.

Ke depan, lanjut HT, membangun Indonesia harus membangun daerah-daerah menjadi penopang perekonomian nasional. Dengan begitu, kemajuan bisa dicapai secepatnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7964 seconds (0.1#10.140)