Alasan Menristekdikti Menggelar Rakernas

Selasa, 31 Januari 2017 - 06:03 WIB
Alasan Menristekdikti Menggelar Rakernas
Alasan Menristekdikti Menggelar Rakernas
A A A
YOGYAKARTA - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir meminta, agar hasil penelitian tidak hanya pada publikasi, tapi juga komersial.

Hal itu disampaikan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Menurut M Nasir, sasaran utamanya dalam Rakernas ini adalah menciptakan daya saing bangsa. Rakernas yang digelar sehari ini untuk memperkuat sinergi ristek dan dikti meningkatkan daya saing bangsa.

"Rakernas ini disamping mengevaluasi tahun lalu, kemudian rencana tahun depan, serta inovasi oleh perguruan tinggi di bawah Kemenristekdikti," kata Nasir, di Yogyakarta, kemarin.

Rapat pertama yang digelar di luar Jakarta ini juga bertujuan untuk memperkuat sinergi antar perguruan tinggi negeri dan swasta, politeknik, akademi ilmu pengetahuan, lembaga pemerintah nonkementerian, dan seluruh stekholder.

"Sasaran kedua, tentang inovasi. Kalau kita berpijak tentang inovasi, semua riset harus kita komersiel, tidak cukup hanya dipublikasikan saja," ucapnya.

Dia juga mendorong agar tenaga kerja terampil bisa berkiprah dikancah nasional dan internasional. Untuk itu, perlu sinergi perguruan tinggi dengan seluruh lapisan masyarakat.

"Kita lihat dari aspek skill wolker, tenaga kerja terampil lulusan yang sesuai dengan kompetensinya, ini juga yang harus kita dorong," tegasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6899 seconds (0.1#10.140)