Resmikan Badan Keahlian Dewan, DPR Menuju Parlemen Modern

Rabu, 25 Januari 2017 - 08:07 WIB
Resmikan Badan Keahlian Dewan, DPR Menuju Parlemen Modern
Resmikan Badan Keahlian Dewan, DPR Menuju Parlemen Modern
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto (Setnov) meresmikan nama Gedung Sekretariat Jenderal (Setjen) dan Badan Keahlian DPR di Kompleks Parlemen.

Menurutnya, saat ini DPR secara keseluruhan akan menjalankan program reformasi kelembagaan menuju parlemen yang modern.

"Apa yang dimaksudkan dengan parlemen modern benar-benar bisa tercipta. Karena itu saya berharap agar semua jajaran Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian Dewan siap melakukan perubahan menuju DPR yang modern," ucap Setnov kemarin.

Menurutnya, Kesekjenan dan Badan Keahlian Dewan memiliki posisi yang sama, walaupun gedungnya lama, tetapi namanya baru. Perubahan nama gedung ini merupakan momen penting dalam perkembangan kelembagaan sistem pendukung DPR.

Peresmian ini diakui politikus Partai Golkar ini, sekaligus menandakan pengakuan terhadap keberadaan Badan Keahlian DPR yang baru dibentuk.

"Saya harap BKD dapat meningkatkan kinerja serta mutu pelayanan keahlian untuk mendukung tugas-tugas dewan legislasi, anggaran, serta pengawasan," ujarnya.



Dia juga beranggapan walaupun tugas bidang teknis administrasi dapat dibedakan dengan tugas dukungan substansi, namun dalam pelaksanaannya tidak dapat dipisahkan. Jadi ini perlu dilakukan secara bersama-sama dan saling mendukung di antara unit kerja yang terkait.

"Karena pada akhirnya bagaimana membangun DPR sebagai lembaga negara yang dipercaya oleh rakyat. Serta dapat menjalankan fungsi dengan baik," ungkapnya.

Setnov menilai, selama ini Plt Sekjen dan Ketua BKD kompak, dia berharap kedepan keduanya bisa melakukan koordinasi secara baik. Selain itu DPR juga akan melakukan penataan kawasan agar kawasan parlemen benar menjadi simbol sejarah peradaban bangsa Indonesia.
(maf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1706 seconds (11.252#12.26)