Isu TKA Ilegal Asal China Berpotensi Ganggu Stabilitas Nasional

Selasa, 27 Desember 2016 - 09:57 WIB
Isu TKA Ilegal Asal China Berpotensi Ganggu Stabilitas Nasional
Isu TKA Ilegal Asal China Berpotensi Ganggu Stabilitas Nasional
A A A
JAKARTA - Partai Golkar menaruh perhatian khusus terhadap isu banjir tenaga kerja asing (TKA) ilegal asal China yang menyerbu Indonesia. Isu tersebut semakin kencang berhembus belakangan ini.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Idrus Marham mengatakan, perlu ada penyelidikan khusus atas isu tersebut. Jika benar terbukti ada banjir TKA ilegal asal China ke Indonesia, pemerintah diminta mengambil sikap.

"Kalau benar isu itu, perlu ada tindakan tegas dari Dirjen Imigrasi dan Kementerian Tenaga Kerja serta lembaga terkait," ujar Idrus kepada wartawan di Jakarta, Selasa (27/12/2016).

Idrus melanjutkan, isu banjir TKA ilegal asal China cukup memprihatinkan. Terlebih saat ini angka pengangguran di Indonesia masih cukup tinggi. Di samping itu, Indonesia juga banyak mengirimkan tenaga kerjanya ke luar negeri.

"Isu ini juga bisa mengganggu dan merupakan ancaman bagi ideologi negara," tegas Idrus.

Namun demikian jika isu banjir TKA ilegal asal China ini tidak benar, Idrus meminta pihak kepolisian untuk mengusutnya hingga tuntas. Menurut Idrus, isu ini tak bisa dibiarkan beredar terlalu lama sehingga mengganggu stabilitas dalam negeri.

"Siapa yang pertama kali sebar isu ini harus ditelusuri. Ada batas waktu, jika isu dibiarkan tanpa waktu, tak terukur, bisa ganggu stabilitas dalam negeri," ucap Idrus.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1134 seconds (0.1#10.140)