Surat Siaga I Bocor Picu Kecemasan Masyarakat

Minggu, 30 Oktober 2016 - 12:37 WIB
Surat Siaga I Bocor Picu Kecemasan Masyarakat
Surat Siaga I Bocor Picu Kecemasan Masyarakat
A A A
JAKARTA - Informasi mengenai rencana aksi demonstrasi besar-besaran tanggal 4 November mendatang diduga menjadi salah satu pemicu keluarnya status siaga I dari Korps Brimob Polri. Polri dinilai sudah mendengar kemarahan umat Islam akibat adanya peninstaan Alquran.

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak sangat menyayangkan adanya upaya provokasi yang dilakukan pihak-pihak tertentu. Provokasi itu, kata dia berisi tudingan bahwa aksi demonstrasi 4 November ditunggangi gerakan radikalisme dan ISIS.

"Yang harus diantisipasi pihak polisi adalah pihak ketiga yang menginginkan tuduhan mereka benar bahwa aksi nanti adalah aksi yang ditunggangi kelompok radikal‎," ujar Dahnil dalam perbincangan dengan Sindonews melalui telepon, Minggu (30/10/2016).

Menurutnya tudingan tersebut sebagai upaya nyata provokatif yang menimbulkan kecemasan baru di masyarakat. Padahal kata dia dalam rencana aksi demonstrasi nanti sudah mengantisipasi berbagai tindakan anarkis. (Baca: Soal Surat Edaran Siaga I, Polri Bantah Ada Indikasi Perang)

Dia menambahkan, surat internal kepada Polri mengenai status siaga I harusnya tidak bocor ke publik. "Tapi (status siaga satu) tidak perlu disebar dan diinfokan keluar sehingga memunculkan ketertakutan‎," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5672 seconds (0.1#10.140)