Istana Merdeka Disulap Jadi Lokasi Pertunjukan

Jum'at, 28 Oktober 2016 - 21:51 WIB
Istana Merdeka Disulap Jadi Lokasi Pertunjukan
Istana Merdeka Disulap Jadi Lokasi Pertunjukan
A A A
JAKARTA - Halaman Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat pada Jumat (28/10/2016) malam disulap menjadi lokasi pertunjukan seni dan budaya.

Hal itu dilakukan untuk memeriahkan acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88. Bilah-bilah bambu disusun berderet membentuk sudut segitiga di pintu masuk utama Istana Merdeka. Payung-payung ditata berderet mengelilingi halaman. Adapula payung yang digantung di dahan-dahan pohon.

Sebuah panggung besar berbentuk lingkaran berdiri di tengah-tengah halaman Istana. Sementara itu, dua buah layar lebar dipasang di sudut kanan dan kiri Istana.

Dekorasi tersebut menjadikan peringatan 88 tahun Sumpah Pemuda bertajuk Nusantara Berdendang semarak dan berbeda.

Berdasarkan pantauan Sindonews di lokasi, acara telah dimulai pada pukul 19.30 WIB. Masyarakat dari berbagai kalangan berkesempatan menyaksikan dan mendekatkan diri ke Istana Negara.

Sejumlah pentas kesenian dari beragam etnik, suku, dan bangsa disuguhkan dalam pagelaran ini. Sebelum pagelaran dimulai, tapak tilas perjuangan para pemuda pada 1928 disuguhkan kepada hadirin melalui layar lebar.

Dalam kesempatan itu, pasangan ganda campuran bulu tangkis Tantowi Ahmad dan Liliyana Natsir didapuk menjadi pembaca Sumpah Pemuda sebagai simbol dari perjuangan pemuda Indonesia yang penuh prestasi.

Hingga berita ini ditulis, sejumlah tari-tarian dan kesenian khas daerah di nusantara tengah ditampilkan. Di antaranya tari piring asal Minangkabau, dan wayang golek asal Jawa Barat.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7663 seconds (0.1#10.140)