Jokowi Minta Para Dubes Negara Sahabat Tingkatkan Kerja Sama

Selasa, 04 Oktober 2016 - 18:38 WIB
Jokowi Minta Para Dubes Negara Sahabat Tingkatkan Kerja Sama
Jokowi Minta Para Dubes Negara Sahabat Tingkatkan Kerja Sama
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima surat ‎kepercayaan Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Designate Resident dan Designate Nonresident untuk Republik Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan perlunya prioritas dalam kerja sama bilateral dengan negara sahabat.

"Antara lain yang dibahas tentunya adalah prioritas kerja sama bilateral yang ingin dilakukan oleh para dubes, selama beliau menjadi dubes di Indonesia," papar Menlu Retno Marsudi, di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (4/10/2016).

Retno mengatakan, rata-rata fokus pembicaraan Jokowi dengan para dubes berkaitan dengan ekonomi. Namun ada pembicaraan yang bersifat teknis seperti dengan negara Namibia.

"Mereka menyampaikan apresiasi yang banyak kepada Indonesia karena selama ini telah banyak melakukan kerja sama teknis dengan negara-negara afrika, termasuk kerja sama teknis di bidang pertanian," ujarnya.

Selain kerja sama ekonomi dan pertanian, Presiden Jokowi juga membahas hubungan bilateral di sektor lain, seperti berhubungan dengan pendidikan terapan.

"Misalnya dengan Jerman tadi, fokus adalah tindak lanjut kunjungan presiden ke Jerman dengan fokus untuk kerja sama di bidang vocational training," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4649 seconds (0.1#10.140)