HT Bangun Desa untuk Indonesia Maju

Selasa, 20 September 2016 - 23:58 WIB
HT Bangun Desa untuk Indonesia Maju
HT Bangun Desa untuk Indonesia Maju
A A A
BOGOR - Pembangunan masyarakat di daerah menjadi kunci agar Indonesia kuat dan maju. Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo mengatakan salah satu upaya untuk membangun daerah bisa dengan membentuk badan usaha desa yang produktif.

"Roda ekonomi terpusat di kota besar, kesejahteraan daerah belum terbangun dengan baik," ujar CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) saat berdialog dengan masyarakat Desa Pasir Angin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/9/2016).

Dia mengungkapkan, dari 514 kabupaten/kota di Indonesia hanya sebagian kecil yang sudah mapan. "Kalau kesejahteraan daerahnya belum terbangun dengan baik, tentu kesejahteraan masyarakatnya pun belum baik. Ini yang perlu ditata," tuturnya.

Pada kesempatan itu, HT mengajak masyarakat Desa Pasir Angin untuk ikut berkontribusi terhadap pembangunan daerahnya demi kemajuan Indonesia.

Membangun Indonesia, lanjutnya, harus bergotong royong karena kompleksitas masalah yang dihadapi oleh bangsa.

Masing-masing daerah memiliki kultur, persoalan dan kekuatannya masing-masing. Potensi, kata HT, harus digali dan dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Setiap desa harus punya badan usaha desa yang produktif. Dari desa, oleh desa dan untuk desa," ungkapnya

Menurutnya, bila badan usaha dikelola den gan baik bisa berkembang besar. Aktivitas ekonomi desa pun bisa terangkat. Apalagi bila 80.000 lebih desa bisa membangun badan usaha desa dengan baik. "Kalau Indonesia begitu dikelolanya apa ga maju?" kata HT

Hal tersebut kata HT bisa diterapkan di Desa Pasir Angin. Produksi masyarakat seperti makanan olahan, kerajinan tangan dan sebagainya bisa ditampung dan dipasarkan melalui badan usaha desa tersebut.

Dia menuturkan kesiapannya untuk membantu membangun badan usaha desa tersebut di desa Pasir Angin. "Kita dan unsur warga bersatu padu kita kembangkan Desa Pasir Angin," ujarnya.

HT pun siap membantu bila dibutuhkan pelatihan-pelatihan, seperti bahasa inggris, otomotif, menjahit dan lain sebagainya

Selain itu, lanjutnya, Partai Perindo juga memiliki Gerobak Perindo dimana masyarakat diberikan modal usaha berupa gerobak, diberikan keterampilan dan pendampingan hingga usahanya berkembang

Pria asal Jawa Timur itu mengatakan, masyarakat di daerah harus mendapat perlakuan khusus agar produktif.

Seperti kemudahan akses dana murah, pelatihan keterampilan dan proteksi. "Indonesia harus mampu membangun masyarakat produktif yang menciptakan lapangan kerja," ucapnya.

Selain menciptakan lapangan kerja, lanjut HT, masyarakat produktif akan memperbesar basis pembayar pajak.

Semakin banyak masyarakat produktif di daerah, akan semakin cepat pertumbuhan ekonomi daerah tersebut. Bila pembangunan terjadi di daerah-daerah masyarakatnya terbangun, disitulah Indonesia akan kuat

Sementara itu, Kepala Desa Pasir Angin Ismail menyambut baik masukan HT terkait program UMKM dan pembentukan badan usaha desa. Menurutnya, program itu bisa menjadi solusi banyaknya pengangguran di desanya.

"Kedatangan Bapak memberikan pencerahan buat kami khususnya di dunia usaha. Warga kami masih banyak yang pengangguran. Kami sangat tertarik dengan program UMKM-nya," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5878 seconds (0.1#10.140)