Tantowi Sebut Ada Dua Versi Terkait Dua WNI Lolos dari Abu Sayyaf

Jum'at, 19 Agustus 2016 - 11:16 WIB
Tantowi Sebut Ada Dua Versi Terkait Dua WNI Lolos dari Abu Sayyaf
Tantowi Sebut Ada Dua Versi Terkait Dua WNI Lolos dari Abu Sayyaf
A A A
JAKARTA - Pemerintah segera memulangkan dua Warga Negara Indonesia (WNI) M Sofyan dan Ismail yang berhasil meloloskan diri dari kelompok Abu Sayyaf di Filipina.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi I DPR Tantowi Yahya mengucapkan rasa syukurnya atas kebebasan dari dua WNI tersebut. Namun, dia belum mengetahui pasti penyebab atau kronologi lolosnya dua sandera tersebut.

Tantowi mengatakan, ada dua versi yang berkembang yaitu dari pihak Abu Sayyaf yang mengatakan bahwa anak buah kapal (ABK) dibebaskan, serta keterangan dari ABK yang menyebut bahwa mereka meloloskan diri.

"Masih simpang siur beritanya. Versi sandera, mereka berhasil melarikan diri. Versi Abu Sayyaf, mereka itu sengaja untuk diloloskan. Tapi apapun ceritanya, kita patut bersyukur karena mereka telah lolos dan selamat," kata Tantowi saat dihubungi Sindonews, Jumat (19/8/2016).

(Baca juga: Lolos dari Abu Sayyaf, Begini Nasib Dua WNI di Filipina)

Politikus Golkar itu menuturkan, pemerintah bisa mengambil informasi dari ABK yang sudah lolos tersebut. Informasi itu guna menggali keterangan melihat jejak dari para perompak tersebut.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi sudah melaporkan informasi tentang lolosnya dua WNI dari kelompok bersenjata Abu Sayyaf‎ kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Retno, keduanya segara dipulangkan setelah pemerintah mendapatkan informasi yang utuh dari Kedutaan Besar RI di Filipina. Sementara WNI lain yang masih disandera kelompok Abu Sayyaf, pemerintah terus menjalin komunikasi dengan Filipina.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7741 seconds (0.1#10.140)
pixels