Ini Pesan Khusus Jokowi kepada Praja Muda IPDN

Senin, 08 Agustus 2016 - 11:24 WIB
Ini Pesan Khusus Jokowi kepada Praja Muda IPDN
Ini Pesan Khusus Jokowi kepada Praja Muda IPDN
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 1.921 praja muda Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Angkatan XXIII Tahun 2016 di Kampus IPDN, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (8/8/2016).

Bertempat di lapangan Kampus IPDN, Jokowi secara resmi melantik beberapa para praja muda IPDN secara simbolis.

Usai melantik, Jokowi memberikan sambutan. Hal pertama yang diungkapkannya adalah mengucapkan selamat dan memberikan pesan kepada para praja muda yang hari ini dilantik.

Setelah dilantik, kata Jokowi, para praja muda IPDN akan menghadapi tantangan selanjutnya."Ini awal pengabdian panjang saudara-saudara sebagai aparatur sipil negara untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara," kata Jokowi.

Para praja muda IPDN yang baru lulus pun akan jadi ujung tombak dalam memberikan pelayanan publik yang cepat, responsif, berkualitas, sehingga negara bisa dirasakan hadir di tengah masyarakat.

"Saudara-saudara harus bisa jadi pelopor reformasi birokrasi dimana pun saudara-saudara ditugaskan," ucapnya.

Mantan Wali Kota Solo itu juga meminta praja muda untuk memiliki sikap optimis, inovatif, dan berani melakukan terobosan untuk kepentingan masyarakat.

Kendati demikian diakuinya bukan hal mudah mewujudkan semua itu. Sebab tantangan ke depan semakin besar dan kompleks. "Saat ini saudara-saudara tengah berada di era kompetisi global yang disertai perubahan yang sangat cepat sehingga diperlukan aparatur sipil negara yang lebih responsif, lebih cepat, mampu memberikan pelayanan prima, dan mampu memperkuat daya saing bangsa," tuturnya.

Meski begitu, Jokowi mengungkap keyakinan para praja muda IPDN itu akan mampu menjalankan tugasnya dengan baik sebagai abdi negara.

Terpenting, sambung dia, para praja muda IPDN mau memperbaiki diri, berani melakukan inisiasi perubahan dan reformasi birokrasi di lingkungan kerja masing-masing.

Dia juga menekankan pentingnya para praja muda IPDN memiliki semangat untuk mewujudkan pemerintahan yang bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme. "Saya ucapkan selamat bertugas kepada pamong praja muda Indonesia. Selamat mengabdi kepada bangsa dan negara," ucap Jokowi.

Sementara itu secara simbolis, di lokasi dilakukan pelepasan ratusan balon berwarna merah dan putih sebagai tanda bahwa para praja muda itu akan bertugas dan disebarkan ke seluruh Indonesia.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6554 seconds (0.1#10.140)