Jika Freddy dkk Bisa Bangun Mungkin Tanya Kok yang Lain Tak Dieksekusi

Jum'at, 29 Juli 2016 - 16:57 WIB
Jika Freddy dkk Bisa Bangun Mungkin Tanya Kok yang Lain Tak Dieksekusi
Jika Freddy dkk Bisa Bangun Mungkin Tanya Kok yang Lain Tak Dieksekusi
A A A
JAKARTA - Alasan Kejaksaan Agung (Kejagung) menunda eksekusi 10 terpidana mati kasus narkotika dipertanyakan anggota Komisi III DPR Nasir Djamil.

Nasir menilai Kejagung tidak menjelaskan tentang pertimbangan aspek yuridis dan noyuridis alasan penundaan eksekusi 10 terpidana mati.

Dia khawatir penundaan eksekusi sepuluh terpidana mati ‎itu lebih karena ada tekanan atau instruksi dari pihak tertentu. "Kalau empat orang yang sudah dieksekusi itu bisa bangun, mereka akan tanya, kok sepuluh orang itu enggak ditembak seperti aku, enggak adil dong, kenapa?" ujar Nasir saat dihubungi wartawan, Jumat (29/7/2016).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera ini berpendapat, seharusnya Jaksa Agung Muhammad Prasetyo menjelaskan penundaan eksekusi sepuluh terpidana mati itu secara utuh termasuk menjelaskan aspek yuridis dan non-yuridis.

Dia juga yakin keluarga empat terpidana yang dieksekusi pada dini hari tadi akan memerotes keputusan Kejagung yang menunda eksekusi sepuluh terpidana mati lainnya.

‎"Enggak boleh masyarakat dibuat bingung, makanya harus dijelaskan secara clear, jangan disembunyikan. Kami saja Komisi III bingung apalagi publik," tuturnya.

Adapun keempat terpidana mati yang telah dieksekusi yakni, Michael Titus Igweh (Nigeria), Freddy Budiman (WNI), Humphrey Ejike (Nigeria), Seck Osmane‎ (Senegal).
Mereka ditembak mati pada Jumat (29/7/2016) sekitar pukul 00.45 WIB dini hari di Lapangan Tunggal Panaluan, Nusa Kambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Sementara eksekusi 10 terpidana mati kasus narkoba ditunda. Berikut adalah nama-nama terpidana mati yang eksekusinya ditunda.

1. Ozias Sibanda asal Zimbabwe
2. Obina Nwajaja asal Nigeria
3. Fredderik Luttar asal Zimbabwe
4. Agus Hadi asal Indonesia
5. Pujo Lestari asal Indonesia
6. Zulfikar Ali asal Paskitan
7. Gurdip Singh asal India
8. Merri Utami asal Indonesia
9. Okonkwo Nonso asal Nigeria
10. Eugene Ape asal Nigeria
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9892 seconds (0.1#10.140)