Fraksi PAN Tak Setuju Panja soal Meninggalnya Belasan Pemudik

Selasa, 12 Juli 2016 - 16:27 WIB
Fraksi PAN Tak Setuju...
Fraksi PAN Tak Setuju Panja soal Meninggalnya Belasan Pemudik
A A A
JAKARTA - Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di DPR tidak begitu sepakat dengan wacana pembentukan panitia kerja (Panja) terkait meninggalnya belasan orang saat perjalanan mudik Lebaran di Brebes, Jawa Tengah belum lama ini.

Fraksi PAN menganggap Panja tidak perlu dibentuk jika penjelasan dari instansi terkait kepada DPR sudah memadai mengenai persoalan kemacetan parah yang mengakibatkan meninggalnya belasan pemudik.

‎Ketua Fraksi PAN di DPR Mulfachri Harahap mengatakan, pemerintah atau pejabat instansi terkait cukup memberikan penjelasan kepada masyarakat mengenai insiden meninggalnya belasan pemudik itu.

"Kalau penjelasan itu dianggap cukup memadai, ya enggak usah pakai Panja lah, banyak hal lain yang harus kita pikirkan," ujar Mulfachri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (12/7/2016).

Dia berpendapat, insiden meninggalnya belasan pemudik di Brebes, Jawa Tengah, belum lama ini harus menjadi catatan pemerintah. "Bahwa ada kekurangan di sana didalam upaya pemerintah dalam mengantisipasi semua persoalan terkait mudik Lebaran itu, saya kira itu iya," ungkapnya.

Namun, dia melihat sejumlah instansi terkait seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Polri sudah berusaha semaksimal mungkin dalam mengatasi kemacetan itu.‎ Ke depan, dia berharap kejadian serupa tidak terulang kembali.

Kendati demikian, jika pada akhirnya mayoritas fraksi di DPR menginginkan pembentukan Panja atau panitia khusus (Pansus) untuk menyelesaikan persoalan itu, dia tak mempersoalkannya. ‎"Nah kalau dianggap penjelasannya pemerintah melalui menteri perhubungan misalnya sudah memadai, untuk apa Panja?" pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9734 seconds (0.1#10.140)