Baznas Sebut Target Zakat Nasional Tahun Ini Rp5 Triliun

Kamis, 30 Juni 2016 - 15:11 WIB
Baznas Sebut Target Zakat Nasional Tahun Ini Rp5 Triliun
Baznas Sebut Target Zakat Nasional Tahun Ini Rp5 Triliun
A A A
JAKARTA - Ketua Badan Zakat Nasional (Baznas) Bambang Sudibyo menargetkan pencapaian zakat secara nasional tahun 2016. Target tersebut dihimpun Baznas dan Lembaga Amil Zakat (Laz).

‎"Targetnya tahun ini adalah Rp5 triliun, nasional. Sampai saat ini ya masih dari jumlah itu barangkali," kata Bambang di Kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (30/6/2016).

Menurut Bambang, puncak pengumpulan zakat dari masyarakat biasanya terjadi saat Bulan Ramadhan. Namun dia belum bisa merinci berapa besar yang sudah dihimpun lembaganya.

‎"Lalu pelaporannya dari masing-masing bank sendiri kepada Laz, Baznas, perlu waktu. Jumlah persisnya saya belum tahu," tambahnya.

Bambang mengatakan, pengumpulan zakat melalui kementerian dan lembaga pemerintah saat ini dinilai sudah baik.‎ Dia mengungkapkan pencapaian zakat terbesar pada tahun 2015 berasal dari Kementerian Agama dan unsur TNI.

‎"Ini saya kira TNI akan segera menyalip karena jumlah personelnya," ucapnya.

Menurutnya, ‎seluruh target pencapaian zakat sudah disalurkan semua 2015. Tersisa pencapaian tiga bulan yang belum disalurkan dan akan disalurkan pada 2016 ini.

‎"Tahun ini untuk Baznas kita targetkan Rp200 M. seluruh Baznas, ya berarti 60 persen dari Rp5 triliun itu ya berarti Rp3 triliun," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7062 seconds (0.1#10.140)