Pemerintah Indonesia Abaikan Protes China

Senin, 20 Juni 2016 - 18:33 WIB
Pemerintah Indonesia Abaikan Protes China
Pemerintah Indonesia Abaikan Protes China
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia tidak pernah memiliki masalah dengan China. Bahkan, Pemerintah Indonesia tidak pernah mengakui perairan tradisional yang diklaim China di kawasan Laut China Selatan.

Maka itu, Pemerintah Indonesia tidak perlu menanggapi protes yang dilakukan China. Termasuk klaim penembakan yang diduga dilakukan kapal perang TNI Angkatan Laut (AL) terhadap kapal nelayan asal China. (Baca: Komisi I DPR Cecar Menlu Soal Laut China Selatan)

"Karena Indonesia pada posisi yang sebenarnya aturannya sudah jelas ZEE-nya, semua jelas," ujar Luhut di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/6/2016).

Dia menambahkan, Pemerintah Indonesia tengah mencari solusi agar hubungan kedua negara tetap berjalan baik. "Tanpa mengorbankan sovereignty kita," ucapnya. (Baca: Beijing Tuding Aparat RI Tembaki Kapal Nelayan China)

Kementerian Luar Negeri China mengatakan, bahwa otoritas keamanan Indonesia telah menembaki kapal nelayan berbendera China pada Jumat lalu. Satu orang awak kapal dikabarkan menderita luka-luka. Beijing telah melemparkan protes resmi kepada pemerintah Indonesia mengenai insiden ini, dan mendesak Indonesia untuk tidak mengambil tindakan yang dapat memperburuk situasi.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5192 seconds (0.1#10.140)