Golkar Dukung Penetapan 1 Juni Sebagai Hari Lahir Pancasila

Rabu, 01 Juni 2016 - 09:55 WIB
Golkar Dukung Penetapan 1 Juni Sebagai Hari Lahir Pancasila
Golkar Dukung Penetapan 1 Juni Sebagai Hari Lahir Pancasila
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto mendukung penuh wacana pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (JK) yang akan mengeluarkan Keppres tentang tanggal 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila.

Novanto mengatakan, terbitnya Keppres tentang penetapan hari lahir Pancasila merupakan upaya pemerintah merealisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari agar tidak hanya dilestarikan secara seremonial saja. Namun, disertai sikap dan perilaku hidup sehari-hari.

"Saya mendukung sepenuhnya keinginan Presiden Jokowi tersebut," ujar Novanto melalui keterangan tertulis yang diterima Sindonews, Rabu (1/6/2016).

Bagi Novanto, Pancasila adalah dasar negara yang mengakomodir seluruh kehidupan bangsa yang harus terus dilestarikan. Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa serta Rakyat Indonesia, merupakan nilai-nilai luhur yang digali dari budaya bangsa.

Novanto pun mengimbau kepada semua pihak agar Pancasila tidak hanya dijadikan untuk hafalan semata. Tetapi nilai-nilai luhur yang ada dalam Pancasila juga wajib diamalkan.

"Jangan hanya memperingati hari lahirnya Pancasila semata. Namun isi, esensi atau makna dari kelima butir Pancasila harus menjadi pedoman hidup sehari-hari," kata Novanto.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3629 seconds (0.1#10.140)